Apa Yang Dilakukan Insinyur Peminyakan?

Seorang insinyur perminyakan (petroleum engineers) memiliki peran penting pada kegiatan hulu migas (minyak dan gas bumi), mulai dari tahap eksplorasi dan pengeboran hingga migas tersebut dapat diangkat ke atas permukaan. Kondisi di lapangan sangat bergantung terhadap pengetahuan dan keterampilan mereka, entah itu pengetahuan mengenai ilmu bumi maupun keterampilan dalam menganalisa.

Menganalisa jenis batuan merupakan salah satu peran insinyur perminyakan ketika pengeboran ladang migas akan dilakukan.

Setelah reservoir minyak mentah dan gas alam telah ditemukan, yang akan dilakukan oleh insinyur perminyakan yakni menemukan cara untuk mengangkat atau membawa kedua zat di dalam reservoir ke atas permukaan. Pada dasarnya terdapat dua cara untuk mendapatkan cadangan migas tadi, yakni dengan melakukan pengeboran dan memproduksi. Namun, yang dimaksud disini adalah metode dari kedua cara tersebut, alasannya karena setiap keputusan yang diambil harus disesuaikan dengan kondisi tertentu, seperti letak kedalaman reservoir, stuktur lapisan tanah dan keadaan lingkungan di area sumur.

Setelah metode pengangkatannya telah ditentukan maka akan dilakukan pengeboran. Pengeboran ialah menciptakan sebuah lubang dan melibatkan pipa serta katup untuk mengalirkan minyak dari dalam sumur. Ketika memproduksi, insinyur perminyakan akan menemukan minyak mentah yang bertekanan, sehingga tidak jarang akan menyembur dengan sendirinya atau disebut natural flow, namun jika tekanannya tidak mampu mengalirkannya ke atas permukaan, maka disinilah peran insinyur perminyakan menerapkan metodenya untuk memperoleh cadangan migas tersebut.

Minyak mentah yang telah diangkat ke permukaan, insinyur perminyakan harus menentukan kuantitas dan kualitas produk yang akan diektraksi, apakah menguntungkan bila dikembangkan lebih lanjut. Mengapa hal tersebut perlu dipertimbangkan,? karena seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa minyak mentah digolongkan dalam beberapa jenis sesuai kualitasnya dan tentu masing-masing memiliki harga yang berbeda (silahkan baca artikel berjudul minyak bumi dan komposisinya).

Sementara di kilang minyak, insinyur perminyakan akan bertugas memeriksa sampel minyak melalui pengujian laboratorium untuk mengetahui unsur-unsur di dalamnya. Dalam pengujiannya, mereka sering menemukan campuran minyak, air, mineral dan komponen lain sehingga perlu untuk dipisahkan dan diolah hingga menghasilkan produk bahan bakar maupun produk-produk lainnya. Hampir keseluruhan proses pengilangan minyak bumi di bawah pengawasan insinyur perminyakan. Bahkan mereka juga bertugas merancang dan mengembangkan plant baik itu dari segi peralatan maupun prosedur supaya segala proses di kilang dapat berjalan dengan efisien dan aman.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hasil karya insinyur perminyakan benar-benar dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam ketersediaan energi yang kita butuhkan. Selain itu, produk kosmetik, plastik, pupuk dan beberapa produk lainnya yang berbahan dasar minyak maupun gas juga merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat saat ini, dan keseluruhan jenis produk tersebut hasil pemikiran dan pengembangan para ahli-ahli dalam bidan migas, khususnya kimia migas.

Baca juga: Apa saja peran insinyur perminyakan di perusahaan?

Jadi kesimpulannya, insinyur perminyakan memiliki peran yang vital dalam hampir keseluruhan proses di lapangan migas maupun di kilang. Begitupun dengan penentuan produk turunan yang akan dihasilkan.

Sekian ulasan kali ini mengenai peran penting seorang ahli atau insinyur perminyakan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda serta dapat menjadi gambaran bagi Anda yang ingin terjun dalam bidang migas. Silahkan baca juga artikel berkaitan lainnya, Terima kasih.

0 Response to "Apa Yang Dilakukan Insinyur Peminyakan?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.