Apa Saja Peran Insinyur Perminyakan di Perusahaan?

Gelar insinyur permimyakan (petroleum engineering) maupun master teknik perminyakan sebenarnya sudah banyak dimiliki oleh orang-orang saat ini. Bahkan, keahlian dalam bidang migas ini telah diminati oleh banyak kalangan, alasannya-pun sangat bervariasi, entah karena alasan bergaji tinggi atau karena dianggap sangat prospektif dari segi karir. Meningkatnya peminat teknik perminyakan bisa dikatakan berbanding lurus dengan ketersedian perguruaan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut, terutama di Indonesia. Lantas, apa saja peran insinyur perminyakan di perusahaan tempatnya bekerja? silahkan simak ulasannya di bawah.

Beberapa peran insinyur perminyakan dalam bentuk gambar.

Peran Insinyur Perminyakan di Perusahaan

Jika Anda memiliki ketertarikan terhadap ilmu bumi, digaji dengan melakukan perjalanan di berbagai negar,  maka menjadi seorang insinyur perminyakan bisa menjadi pilihan. Mengapa saya mengatakan demikian? alasannya akan dijelaskan di bawah.

Insinyur perminyakan berperan mencari reservoir minyak dan gas di bawah permukaan bumi. Mereka mengembangkan maupun menerapkan metode paling aman dan efisien untuk mengangkat minyak maupun gas di bawah lapisan tanah ke atas permukaan. Selain itu, sebagai tuntutan untuk peningkatan energi alternatif, membuat sebagian insinyur perminyakan mengalihkan bakat mereka untuk bekerja pada pengembangan produk energi ramah lingkuangan, energi tersebut umumnya dalam bentuk bahan bakar yang hanya menghasilkan emisi karbon dalam jumlah sedikit.

Banyak insinyur perminyakan yang melakukan perjalanan atau menetap di luar negeri, mengikuti kegaiatan explorasi migas yang dilakukan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Bahkan setelah ladang minyak sudah diproduksi, tidak jarang para ahli perminyakan akan langsung diberi tugas sebagai pengawas di lapangan tersebut. Hal inilah yang membuat mereka menghabiskan sebagain besar waktunya di daerah tempat kerjanya, tak terkecuali bila lokasinya berada di luar negeri.

Karya insinyur perminyakan banyak dirasakan dari waktu ke waktu, entah itu dalam hal penemuan jenis energi baru, metode pengolahan sumber daya energi, bahkan berperan dalam memenuhi kebutuhan energi di negara kita. Adapun bentuk energi yang dimaksud meliputi bahan bakar kendaraan, bahan bakar rumah tangga, bahan bakar untuk pembangkit listrik dan sebagainya. Selain diwajibkan untuk mengusai ilmu perminyakan, insinyur perminyakan juga harus mampu menguasai beberapa materi lain, yang tentunya masih memiliki keterkaitan dengan bahan minyak bumi, salah satunya yakni pengetahuan pada bidang petrokimia.

Mengapa calon insinyur perminyakan perlu menguasai materi lain selain ulmu perminyakan,? karena umumnya, minyak mentah yang telah melalui tahap pengilangan, selain menghasilkan produk dalam bentuk bahan bakar, terdapat juga beberapa produk sampingan yang akan diolah lebih lanjut pada pabrik-pabrik petrokimia. Banyak produsen yang memanfaatkan produk turunan minyak bumi untuk membuat produk lain, contohnya sebagai bahan pembuatan biji plastik, tekstil, produk kosmetik, bahkan produk-produk farmasi. Sementara untuk gas bumi sendiri, hasil penyulingannya sebagian digunakan pada pabrik pupuk serta pabrik metanol. Itulah sebabnya mengapa seorang teknik perminyakan perlu untuk menguasai materi-materi lain disamping pengetahuan pada bidang perminyakan. Bahkan tidak sedikit para insinyur perminyakan yang berkarir pada perusahaan-perusahaan petrokimia, dan tidak sedikit pula memiliki peran penting pada perusahaan tersebut.

Memiliki gelar sarjana teknik perminyakan tidak membuat kita harus mencari nafkah di negara lain, karena selain di luar negeri, masih banyak perusahaan dalam negeri yang membutuhkan karyawan dengan gelar ini, Insinyur perminyakan mungkin akan bertugas untuk mengawasi tahap prengoboran sumur, proses pengilangan, atau bekerja di ruangan laboratorium atau di depan komputer.

Jadi, kesimpulan yang dapat diperoleh dari artikel ini yakni, peran seorang insinyur perminyakan pada suatu perusahaan bisa dikatakan cukup luas, perannya bisa saja meliputi tahap pencarian cadangan minyak atau sering juga disebut tahap eksplorasi, berperan saat dilakukannya pengeboran sumur, sebagai pengawas lapangan (di ladang minyak maupun pada kilang minyak), berkerja di laboratorium, dan pada bagian-bagian lainnya. Selain itu, sarjana teknik perminyakan dapat berkarir pada perusahaan-perusahaan petrokimia, tidak mesti di perusahaan minyak saja. Dengan kata lain, lulusan teknik perminyakan sebenarnya memiliki masa depan karir yang sangat prospektif.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai beberapa peran seorang insinyur perminyakan di perusahaan tempatnya bekerja. Semoga artikel ini bisa menjadi gambaran bagi Anda di masa depan bila berencana mengambil program keahlian teknik perminyakan.

1 Response to "Apa Saja Peran Insinyur Perminyakan di Perusahaan?"

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.