5 Posisi Bergaji Tinggi di Industri Migas

Bekerja di bidang industri MIGAS (Minyak dan Gas Bumi) merupakan suatu hal yang dianggap menguntungkan bagi kebanyakan orang karena identik dengan gaji yang besar. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena nyatanya seseorang yang berkarir pada perusahaan migas rata-rata memiliki ekonomi yang mencukupi. Keadaan tersebut lah yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga saat ini banyak orang berusaha untuk dapat bekerja pada bidang industri ini. Lantas, berapa kira-kira gaji karyawan migas? Di bawah ini telah diulas gambaran gajinya.

Para karyawan salah satu perusahaan Migas di Indonesia.

5 Posisi Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi di Industri Migas

Sebelum kita mengetahui mengenai posisi dengan gaji tinggi di perusahaan migas, sebaiknya kita pahami dulu mengenai sektor kerja industri ini. Industri Migas digolongkan dalam 2 bidang kerja, yakni industri hulu dan industri hilir. Perbedaanya terletak pada sektor kerjanya, untuk industri migas hulu berperan untuk menemukan, melakukan pengeboran dan mengangkat minyak dan gas dari dalam sumur. Sementara untuk industri migas hilir berperan untuk mengolah dan memasarkan hasil olahan migas.

Dari kedua wilayah kerja di atas, umumnya pekerja yang meperoleh gaji tinggi merupakan karyawan pada sektor hulu migas. Hal tersebut kemungkinan didasari oleh faktor kesulitan, lokasi wilayah kerja dan risiko keselamatan kerja. Namun bukan berarti karyawan migas untuk sektor hilir hanya berpenghasilan cukup, perlu diketahui juga bahwa karyawan migas untuk sektor hilir juga memiliki gaji di atas rata-rata bahkan tidak jauh berbeda dengan gaji karyawan sektor hulu.

Posisi pekerjaan pada sektor hulu industri migas terdiri dari banyak posisi beserta tingkat kesulitannya masing-masing. Umumnya pengalaman serta tingkat pendidikan berperan penting terhadap posisi kerja karyawan. Berikut gambaran 5 posisi pekerjaan di industri migas dengan gaji tinggi.

1. Drilling Consultant (Konsultan Pengeboran)

Konsultan drilling memiliki gaji tinggi merupakan sesuatu yang tidak lah mengherankan, alasannya karena peran mereka sangat strategis terutama dalam hal menemukan minyak dan gas bumi. Selain itu, mereka akan memberikan saran serta konsultasi mengenai sejumlah isu pengeboran, dan juga pengetahuan mereka sangat berpengaruh terhadap operasi produksi yang akan diterapkan. Beberapa drilling consultant terutama pada perusahaan ternama memperoleh gaji antara 20 hingga 35 juta setiap bulannya

2. Rig Manager/Superintendent (Manajer Rig)

Pekerjaan sebagai rig manager memang nyatanya menghasilkan gaji cukup besar. Pengisi posisi ini bisa dikatakan sebagai bos yang memgang kendali seluruh aktivitas di atas rig. Secara umum, rig manager bertanggung jawab untuk semua personil, apek teknis, keuangan dan aktivitas kerja pada rig pengeboran. Adapun perkiraan besaran gaji yang dapat mereka hasilkan setiap bulannya antara 20 hingga 30 juta.

3. Completion Driller

Setelah pengeboran telah dilaksanakan, completion driller berperan untuk memastikan dan memutuskan apakah sumur tersebut menghasilkan minyak atau dengan kata lain layak untuk dikembangkan. Selain itu, mereka juga berperan dalam perawatan sumur, dan umumnya posisi ini memerlukan gelar di bidang teknik karena perannya yang diemban begitu teknis dan kompleks. Perkiraan rata-rata besaran gaji bulanan bagi seorang completion driller yakni antara 20-25 juta setiap bulannya.

4. Reservoir Engineer

Posisi sebagai reservoir engineer juga menghasilkan gaji tinggi, posisi ini bertugas untuk memperkirakan jumlah cadangan minyak serta berperan menentukan spot terbaik untuk pemulihan. Umumnya seorang reservoir engineer bekerja dengan menggunakan perangkat komputer karena berkaitan dengan statistik serta estimasi untuk memperkirakan berapa jumlah cadangan minyak di bawah permukaan. Gelar sebagai teknik perminyakan sangat disarankan untuk posisi pekerjaan ini, adapun gaji yang dapat mereka peroleh tiap bulannya tidak kurang dari 20 juta.

5. Petroleum Engineer

Petroleum engineer saat ini mayoritas diminati oleh banyak kalangan, hal tersebut sebenarnya sangat wajar karena posisi ini sangat sering dibutuhkan oleh perusahaan, dan gajinya pun digolongkan cukup tinggi. Seorang petroleum engineer berperan untuk melaksanakan serta mengembangkan metode untuk keperluan produksi. Dengan kata lain mereka turun langsung ke lapangan dan berupaya untuk mencapai tujuan yang telah direncankan. Rata-rata gaji untuk petroleum engineer tidak kurang dari 10 juta setiap bulannya atau bahkan bisa jauh lebih besar lagi.

Nah, demikian gambaran mengenai 5 posisi pekerjaan dengan gaji besar di perusahaan Migas. Tentu dengan melihat besaran gaji di atas membuat kita sangat termotivasi untuk bekerja pada bidang ini, namun untuk itu diperlukan usaha keras, serta disertai dengan bidang akademik yang mendukung.

Perlu diingat bahwa jumlah besaran gaji pada artikel ini hanya gambaran saja, mungkin terdapat perbedaan urutan atau jumlah gaji pada masing-masing perusahaan, silahkan anda tambahkan pada kolom komentar. Sekian info kali ini, semoga bisa menjadi gambaran bagi anda yang ingin berkarir pada industri minyak dan gas bumi. Baca Juga: Kisaran Gaji Karyawan Migas di Indonesia

0 Response to "5 Posisi Bergaji Tinggi di Industri Migas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.