Kisaran Gaji Karyawan Migas di Indonesia

Karyawan migas yang sedang melakukan pengeboran sumur minyak
Karyawan yang sedang melakukan pengeboran sumur minyak
Berkarir pada bidang industri minyak dan gas bumi beberapa tahun belakangan ini semakin banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Tak hayal bila sudah semakin banyak para pencari kerja yang berharap agar dapat menitihkan karir di perusahaan migas tertentu. Begitupun pada dunia pendidikan, sekarang ini telah tersedia beberapa sekolah tinggi maupun universitas yang menyediakan fakultas Teknik Perminyakan sebagai program studi unggulan mereka. Lantas apa penyebab semakin populernya industri perminyakan? Dari berbagai sumber disebutkan bahwa gaji karyawan migas merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia saat ini.

Jumlah Gaji Karyawan Migas

Umumnya untuk karyawan baru golongan fresh graduate gaji pokok yang dapat mereka terima tiap bulannya berada pada kisaran 7 hingga 10 juta rupiah. Tentu jumlah tersebut akan berbeda bila sebelumnya telah memiliki pengalaman kerja atau dikategorikan sebagai tenaga kerja ahli. Bahkan untuk petinggi-petinggi dalam perusahaan atau telah memiliki jabatan khusus, gaji pokok yang mereka peroleh dapat mencapai 150 juta/bulan, begitupun dengan karyawan yang telah mendekati masa pensiun.

Dengan jumlah gaji tersebut tentu sangat menggiurkan terutama bagi lulusan-lulusan teknik perminyakan sekarang ini. Sehingga wajar saja bila telah banyak mahasiswa dan mahasiswi yang melanjutkan pendidikan mereka pada program studi teknik perminyakan dengan harapan agar suatu saat mereka dapat bekerja di perusahaan-perusahaan migas ternama dengan jumlah gaji yang memadai.

Sebagai gambaran, penulis sendiri memiliki seorang kerabat yang kebetulaan saat ini sedang berkarir pada perusahaan migas dalam negeri khususnya pada unit pengolahan (refinery unit) atau sering juga disebut kilang minyak. Sejak 7 tahun Ia bekerja pada perusahaan tersebut, hingga sekarang total gaji yang Ia trima tiap bulannya mencapai 17 juta rupiah. Bisa dibayangkan berapa gaji yang akan diterimanya kedepan seiring dengan semakin lamanya dia berkarir di perusahaan tempat bekerjanya saat ini.

Walaupun karyawan migas di Indonesia dikategorikan sebagai salah satu penerima gaji tertinggi di Indonesia namun perlu kita ketahui bahwa jumlah penghasilan tersebut masih kalah jauh bila dibandingkan dengan gaji karyawan migas di luar negeri. Kenyataan tersebut banyak membuat lulusan-lulusan teknik perminyakan asal Indonesia yang mengicar perusahaan migas di luar negeri khusnya di negara-negara Timur Tengah yang dikenal sebagai ladang minyak dunia serta dihuni oleh beberapa perusahaan migas elit dunia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kisaran gaji karyawan migas di luar negeri tidak kurang dari 7000 Dollar Amerika tiap bulannya, bisa dibayangkan besarnya apabila jumlah tersebut dikonversikan ke mata uang Rupiah.

Meskipun berkarir di industri migas merupakan harapan banyak orang, namun perlu kita ketahui bahwa untuk bekerja di perusahaan migas, terutama pada perusahaan ternama saat ini bisa dikatakan cukup sulit. Banyak persyaratan yang perlu kita penuhi serta harus dibarengi dengan kemampuan teknis, belum lagi persaingan dengan calon-calon karyawan lainnya dimana kian tahun jumlah pelamar pekerjaan di perusahaan migas terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Sekian ulasan kali ini mengenai kisaran gaji karyawan migas di Indonesia. Penulis berharap semoga artikel ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk berkarir di industri migas, terutama bagi teman-teman yang saat ini sedang menjalani pendidikan yang berkaitan dengan teknik perminyakan.

0 Response to "Kisaran Gaji Karyawan Migas di Indonesia"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.