Karir Teknik Perminyakan Ternyata Sangat Prospektif

Teknik perminyakan (petroleum engineering) merupakan salah satu program keahlian yang sudah mulai diminati banyak orang. Meningkatnya peminat bidang kehalian ini tidak lain karena jenjang karir seorang ahli perminyakan kedepannya diyakini sangat prospektif. Namun. sebelum dibahas lebih jauh mengenai karir tersebut, sebaiknya pahami dahulu tahap-tahap menjadi teknik perminyakan dan pendidikan seperti apa yang perlu didalami semasa kuliah.

Informasi serta gambaran karir teknik perminyakan

Pendidikan dan Karir Teknik Perminyakan

Pengembangan pengetahuan pada bidang teknik perminyakan sebenarnya bisa dikatakan tidaklah sulit, karena saat ini telah tersedia beberapa perguruan tinggi atau universitas di dalam negeri yang menyediakan program studi ini. Adapaun perguruan tinggi yang dimaksud seperti Institut Teknologi Bandung, STT Migas Balikpapan, Universitas Trisakti, Akademi Minyak dan Gas Bumi Balongan, dan lain sebagainya.

Kebanyakan derajat teknik perminyakan berada pada tingkat master, sehingga tingkat ilmu pengetahuan dan/atau rekayasa sangat dianjurkan bagi siapa saja yang ingin berkarir di bidang ini. Kurikulum selama kuliah harus menekankan matematika, fisika dan kimia. Mengapa demikian? Karena seorang ahli perminyakan pada suatu perusahaan akan berhadapan dengan segala macam perbandingan di lapangan, entah itu dalam bentuk perhitungan maupun analisa-analisa lainnya. Terlebih karena lingkup kerja bidang ini yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan migas yang notabennya merupakan senyawa kimia dan membutuhkan pengananan yang sangat rumit, baik itu ketika tahap produksi maupun tahap pengilangan.

Selain itu, kelas bahasa dan ekonomi perlu didalami. Perlu diingat bahwa, di lapangan kita akan bekerja sebagai bagian dari tim, menulis laporan dan menyusun proposal. Oleh karena itu, seorang teknik perminyakan diharuskan memiliki kemampuan berbahasa secara efektif, salah satunya kemampuan berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa dapat dikembangkan sewaktu masih di perguruan tinggi, atau dengan mengikuti kursus bahasa.

Mahasiswa teknik perminyakan diwajibkan mengambil kursus dasar (mata kuliah dasar) sebelum pindah kelas yang lebih khusus seperti geologi, pengeboran, reservoir fluida, aliran fluida, produksi minyak dan gas bumi, pengilangan dan sebagainya. Disaat anda melakukan praktek kerja di perusahaan minyak, biasanya anda akan ditugaskan di kantor terlebih dahulu untuk diorientasi sebelum dikirim keluar untuk memperoleh pengalaman kerja di lapangan. Beberapa pengalaman yang dimaksud yakni operasi kerja, sarana produksi, kegiatan pengawasan, atau bahkan pengeboran.

Berkarir di Bidang Teknik Perminyakan

Siapapun yang menginginkan karir/pekerjaan di bidang teknik perminyakan harus siap untuk terus-menerus belajar. Sementara prinsip-prinsip pembelajaran di kelas tetap sama, teknologi dan metode yang selalu berubah, dan meningkatnya masalah iklim ekonomi global memaksa perusahaan untuk beradaptasi sehingga tentunya berdampak terhadap profesi/pekerjaan. Organisasi berbasis profesi seperti SPE (Society of Petroleum Engineers) menawarkan khursus singkat untuk memperbaharui keterampilan dan melanjutkan pengembangan pengetahuan teknik perminyakan anda.

Perlu juga diketahui bahwa komputer memainkan peran dalam industri ini. Insinyur perminyakan harus lulus dengan keterampilan komputer yang solid, dan mereka diwajibkan untuk mengikuti perkembangan perangkat lunak maupun perangkat keras yang berkaitan dengan bidang mereka. Hampir setiap perusahaan migas memiliki superkomputer yang digunakan diseluruh lapangan atau bahkan di berbagai negara. Sementara insinyur perminyakan tentu juga perlu memiliki komputer pribadi untuk digunakan menganalisis data di lapangan dan mengotomatisasi produksi ladang minyak.

Insinyur perminyakan berpengalaman dapat memilih untuk tinggal hampir diseluruh tempat di dunia dengan mempertimbangkan beberapa aspek, seperti lokasi perusahaan yang akan dia tempati bekerja, letak kantor pusatnya dan lokasi ladang minyak perusahaan tersebut. Selain itu, gaji seorang ahli perminyakan bisa dikatakan cukup besar, hal inilah yang membuat banyak orang tertarik dengan bidang keahlian ini. Tidak hanya itu, cukup banyak perusahaan minyak yang membutuhkan karyawan bergelar teknik tersebut, namun tentunya arus sesuai dengan standar perusahaan. karena perusahaan tidak hanya menilai dari gelar pendidikannya saja, tetapi perlu disertai dengan kemampuan menerapkan ilmu pengetahuannya di lapangan.

Jadi, jika anda tertarik untuk menjadi teknik perminyakan, maka anda harus memiliki kemauan kuat untuk belajar, dan jangan hanya terobsesi dengan besaran gajinya saja. Besar kecilnya gaji karyawan migas tentu berkaitan dengan kinerjanya di lapangan, sehingga pengetahuan pada bidang migas sebaiknya perlu dipahami terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

Demikianlah ulasan mengenai jenjang karir teknik perminyakan, semoga bisa menjadi gambaran bagi anda yang berniat untuk berkarir pada bidang ini, sekian dan terima kasih.

0 Response to "Karir Teknik Perminyakan Ternyata Sangat Prospektif"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.