Pengertian Dasar Energi Listrik

Pengertian dasar energi listrik- Setiap hari manusia selalu menggunakan energi listrik, baik itu untuk penerangan, memasak, mencuci dan keperluan lainnya. Secara umum, energi dapat dikelompokkan menjadi enam kategori, antara lain yaitu:
  1. Energi mekanik
  2. Energi listrik
  3. energi elektromagnetik
  4. Energi kimia
  5. Energi nuklir
  6. Energi panas
Menurut tingkat pemanfaatannya, energi dapat dibagi menjadi energi primer, energi sekunder, energi final dan energi bermanfaat. Energi primer adalah energi yang diperoleh secara langsung dari alam, seperti minyak bumi, gas bumi, batu bara, tenaga air, panas bumi, mineral radioaktif, angin, pasang surut air laut, kayu bakar, sampah dan lain sebagainya.

Pengertian dasar tentang energi listrik

Energi sekunder adalah energi yag berasal dari energi primer yang telah diubah melalui proses teknologi menjadi menjadi suatu energi yang lebih mudah/praktis digunakan, contohnya saja minyak tanah, gas buatan (LPG), kokas, arang, briket batu bara dan lain-lain. Energi final adalah energi yang dimanfaatkan oleh pemakai energi akhir, contohnya energi listrik, energi dalam bentuk panas, cahaya dan lain sebagainya yang langsung dimanfaatkan oleh konsumen/manusia.

Ditinjau dari segi ekonomi, energi dapat diklasifikasikan menjadi energi komersial dan energi non komersial, berikut penjelasannya:
  1. Energi komersial, merupakan bentuk energi yang umum yang biasa diperdagangkan secara komersial, misalnya minyak, listrik, gas, batu bara.
  2. Energi nonkomersial, adalah bentuk energi yang tidak dapat diperdagangkan misalnya kayu, arang, sampah, jerami dan lain sebagainya.
Menurut bentuknya, energi dapat dikelompokkan menjadi energi padat, cair dan gas. Sedangkan menurut jenis teknologinya, energi dikelompokkan menjadi energi konvensional dan energi non konvensional, berikut penjelasannya:
  1. Energi konvensional adalah energi yang sudah bisa digunakan masyarakat.
  2. Energi nonkonvesional merupakan energi yang belum dapat digunakan masyarakat.
Ditinjau dari sifat penyediaanya, energi dapat dikelompokkan menjadi energi baru dan energi terbarukan, misalnya tenaga matahari, tenaga samudera, panas bumi dan biogas.

Energi Listrik


Energi listrik merupakan energi yang sangat mudah digunakan, karena dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain dengan mudah dan efisien. Energi listrik juga merupakan salah satu energi yang paling dominan penggunaanya, hal ini disebabkan karena lebih mudah untuk didistribusikan, lebih bersih, mudah diatur dan mempunyai efesiensi serta fleksibilitas yang sangat tinggi. Sehingga penyalurannya ke pelanggan dapat dilakukan secara konsisten dan tidak terputus-putus.

Pengertian dasar energi listrik- energi listrik adalah energi yang berkaitan dengan arus akumulasi elektron, dinyatakan melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik dapat disimpan sebagai energi medan elektrotatis atau energi medan induksi. Energi medan elektrotatis merupakan energi yang berkaitan dengan medan listrik yang dihasilkan oleh terakumulasinya muatan elektron pada pelat-pelat kapasistor. Energi medan ekivalen dengan energi medan elektromaknetis yang sama dengan energi yang berkaitan dengan medan magnet yang timbul akibat aliran elektron melalui kumparan induksi.

Energi Elektromagnetik

Energi elektromagnetik, merupakan bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik, energi radiasi dinyatakan dalam satuan energi yang sangat kecil, yaitu elektron volt atau mega elektrovolt, digunakan pula sebagai evaluasi energi nuklir. Energi nuklir adalah energi dalam bentuk energi tersimpan yang biasanya terlepas akbiat interaksi partikel di dalam inti atom, energinya telepas sebagai hasil usaha partikel-partikel untuk memperoleh kondisi yang lebih stabil. Satuan yang digunakan adalah juta elektron reaksi, pada radiasi nuklir terjadi peluluhan radioaktif, fisi, dan fusi.

Radiasi elektromganetik merupakan bentuk energi murni dan tidak berkaitan dengan massa. Radiasi ini sebagai energi transmisi yang bergerak dengan kecepatan cahaya. Sumber radiasi atau panjang gelombang radiasi elektromagnetik dibagai atas beberapa kelas, dimana radiasi gamma merupakan jenis radiasi yang paling energenik dari energi elektromagnetik, sinar-x yang dihasilkan oleh keluarnya orbit elektron.

Radiasi gelombang milimeter dan gelombang mikro adalah bentuk paling energenik, berikutnya dari jenis reaksi elektromagnetik  danbiasanya digunakan untuk radar serta alat masak microwave. Bentuk terakhir dari radiasi elektromagnetik yaitu radiasi gelombang radio. 

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dasar energi listrik, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, Saya sebagai manusia biasa tentu memiliki banyak kekurangan seperti halnya dengan isi artikel ini, jadi harap dimaklumi, Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Dasar Energi Listrik"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.