Pengertian Dasar Energi

Pengertian Dasar Energi- Pasti anda sering mendengar kata energi, tetapi mungkin sebagian dari anda belum paham tentang defenisi energi. Tahukah anda, bahwa kehidupan manusia saat ini sangat bergantung terhadap energi atau sumber energi, hal ini sibebakan karena setiap kegiatan pada saat ini selalu menggunakan peralatan yang menbutuhkan energi, contohnya saja motor yang membutuhkan fraksi bensin sebagai bahan bakarnya serta handphone yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Dalam postingan ini, saya akan mencoba membahas mengenai pengertian dasar energi.

Teknologi Industri- Energi

Pengertian Energi


Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

Setelah anda memahami tentang pengertian dasar energi, alangkah baiknya bila anda memahami juga apa yang dimaksud dengan konversi energi. Konversi energi adalah kegiatan pemanfaatan energi secara efisien, efektif san rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang benar-benar diperlukan untuk menunjang pembangunan. Audit energi adalah kegiatan untuk mengidentifikasi  potensi energi dan menentukan jumlah energi serta biaya yang dapat dihemat dengan melakukan konversi energi dari suatu sistem, sarana maupun peralatan yang ada.

Implementasi konversi energi adalah suatu proses untuk mengaktualisasikan maupun merefleksikan hal-hal yang mempunyai relevansi dengan pengetahuan ataupun kegiatan-kegiatan tertentu dalam rangka pelaksanaan program konversi energi. Program konversi energi bertujuan untuk memelihara kelestarian sumber daya alam yang merupakan sumber energi baik itu sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang dapat diperbaharui melaui kebijaksanaan pemilihan teknologi dan pemanfaatan energi secara efisien, merata sehingga kelestarian sumber-sumber energi dapat terjaga.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dasar energi, artikel selanjutnya saya akan mencoba membahas tentang jenis-jenis energi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang energi walaupun isinya cukup singkat, Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Dasar Energi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.