Mengenal Kampus STT Migas Balikpapan

Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan (STT MIGAS Balikpapan) merupakan perguruan tinggi yang berkonsentrasi pada program studi Perminyakan. Lokasi kampus STT Migas terletak di Jalan Soekarno Hatta kilometer 8 kelurahan Karang Joang kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 2001 dengan julukan  jaket merah. Bila diamati dari daerah sekitar dimana STT Migas didirikan, maka kemungkinan besar kampus ini berdiri berdasarkan dengan sumber daya energi Kalimantan Timur yang sangat melimpah.

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa STT Migas Balikpapan
Kegiatan kuliah kerja lapangan jurusan Teknik Pengolahan
Migas, STT Migas Balikpapan

Perguruan Tinggi STT Migas Balikpapan

Kalimantan Timur memang diakui sebagai salah satu daerah penghasil energi terbesar di Indonesia terutama pada sektor Migas (Minyak dan Gas Bumi). Hal tersebut dibuktikan dengan beroperasinya beberapa perusahaan minyak dan gas nasional maupun perusahaan luar negeri. Adapun beberapa perusahaan tersebut seperti Pertamina RU V Balikpapan, Chevron, Total E&P Indonesie, Vico Indonesia, PT. Badak NGL Bontang dan beberapa perusahaan lainnya yang bergerak pada sektor migas. Khusus untuk Balikpapan, kota ini cukup dikenal dengan julukan "Kota Minyak", hal tersebut berbanding lurus dengan keberadaan STT Migas Balikpapan yang bergerak pada sektor pendidikan minyak dan gas bumi.

Dengan berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan (STT Migas Balikpapan) maka tentunya akan meningkatkan kemampuan putra-putri di kota ini untuk mendalami ilmu pengetahuan seputar migas. Dengan demikian, harapan untuk berkarir pada sektor migas tentunya sangat terbuka lebar. Keberadaan kampus STT Migas sejalan dengan program provinsi Kaltim yang menginginkan agar tenaga kerja dari berbagai kota di Kalimantan Timur memiliki kemampuan yang handal dalam dunia perminyakan.

Bila ditinjau dari sisi usia, STT Migas Balikpapan masih tergolong sangat muda. Namun sudah banyak alumni dari kampus ini yang bekerja di perusahaan migas ternama, terutama perusahaan yang beroperasi di Kalimantan Timur. Indonesia sebenarnya memiliki beberapa universitas ataupun sekolah tinggi yang menawarkan program studi perminyakan, misalnya saja Universitas Trisakti, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" (UPN) yang tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Semua kampus yang disebutkan tersebut memiliki usia yang lebih tua dibandingkan dengan STT Migas Balikpapan.

Bila penulis sendiri menilai, keunggulan utama yang dimiliki oleh STT Migas yaitu berdiri di tengah-tengah perusahaan migas, baik itu yang berada di Balikpapan maupun di daerah-daerah lainnya di Kalimantan Timur. Sehingga cukup banyak tenaga pengajar/dosen dari kalangan praktisi yang juga berkarir di perusahaan Migas. Contohnya saja program studi Teknik Pengolahan Migas, jurusan tersebut banyak dibimbing oleh dosen yang berasal dari kilang minyak Pertamina RU V Balikpapan, begitupun dengan program-program studi lainnya. Sehingga mempermudah Mahasiswa untuk melakukan praktek langsung di lapangan.

Popularitas STT Migas tentunya mampu bersaing dengan kampus-kampus sejenis maupun perguruan tinggi lainnya yang berada di Kalimantan Timur. Bila diamati dari beberapa tahun belakangan, calon Mahasiswa/Mahasiswi yang melakukan pendaftaran di STT Migas Balikpapan jumlahnya terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya calon mahasisawa yang berasal dari luar pulau Kalimantan seperti dari Jawa, Sulawesi, Sumatera bahkan dari Malaysia. Dengan semakin meningkatnya peminat, membuat pihak STT Migas berusaha untuk mengimbanginya dengan menambah jumlah gedung baru di lokasi kampus beserta dengan infrastruktur dan sarana penunjang lainnya.

Uniknya, walaupun keseluruhan program studi yang tersedia di kampus ini sangat identik dengan kaum laki-laki, namun nyatanya kaum perempuan pun bisa dikatakan cukup banyak yang menuntut ilmu di kampus ini. Dari hal tersebut, dapat diartikan bahwa sudah banyak kalangan baik itu pria maupun wanita khususnya dari kota Balikpapan yang berminat untuk berkarir/bekerja di sektror industri migas.

Perlu juga diketahui bahwa ketersediaan sarana dan prasarana kampus kian meningkat, tentunya hal tersebut juga sebagai faktor makin meningkatnya popularitas kampus ini. Bahkan saat ini STT Migas telah memegang akreditasi B untuk beberapa jurusan yang tersedia. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kampus ini, anda dapat mengunjungi situs www.sttmigas.ac.id.

Adapun program studi yang tersedia di STT Migas Balikapapan terdiri dari:
  • S1 Teknik Perminyakan
  • S1 Teknik Geologi
  • S1 Teknik Industri Migas
  • D3 Teknik Pengolahan Migas
  • D3 Teknik Instrumentasi Elektronika Migas
  • D3 Teknik Pemboran
Khusus untuk Teknik Perminyakan, Teknik Pengolahan Migas dan Teknik Instrumentasi Elektronika Migas juga menyediakan program kuliah non reguler atau perkuliahaan yang dilaksanakan pada malam hari. Perkuliahaan non reguler biasanya diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi yang telah berstatus pekerja pada perusahaan tertentu.
Demikianlah ulasan mengenai Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Terutama bagi Anda yang sedang mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, mungkin STT Migas dapat menjadi pertimbangan.

8 Responses to "Mengenal Kampus STT Migas Balikpapan"

  1. Sangat tertutup sekali. Informasi biaya kuliah dan pendaftarannya kok ngga ada??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk biaya kuliah biasanya tergantung gelombang pendaftaran untuk gelombang pertama biasanya dikenai biaya 19jutaan dan biaya semester setiap semester berubah jadi belum di ketahui silahkan nanti daftar di stt migas Balikpapan jika sudah di buka pendaftaran nya

      Delete
  2. Stt migas Balikpapan sekarang sudah berkembang pesat sekarang akreditasi stt migas Balikpapan sudah terakreditasi B semua jurusan. Silahkan cek website kami di http://www.sttmigasinfo.tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon info
      Apakah di STT migas ada program ekstensi dari d3 ke s1
      Kebetulan saya dari d3 pengolahan akamigas cepu berminat untuk lanjut ke s1 teknik industri
      Mohon infonya

      Delete
  3. apa di stt migas ada kuliah untuk masuk malam

    ReplyDelete
  4. Pendaftaran stt mmigas 2020 sudah bisa diketahuikah?
    Dan apa saja persyaratannya?

    ReplyDelete
  5. apakah di stt migas balikpapan ada fasilitas asrama mahasiswanya ? dan biaya nya kira kira brapa ya ?

    ReplyDelete
  6. Untuk mahasiswa tinggal asrama atw..?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.