Pemanfaatan Sumber Energi di Indonesia

Pemanfaatan sumber energi di Indonesia- Energi merupakan faktor penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ketersediaan energi merupakan salah satu prioritas utama suatu negara agar ketersediaan energi di negara tersebut bisa tercukupi. Indonesia bisa dikategorikan sebagai negara yang memiliki sumber energi yang melimpah, baik itu energi yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Namun, sebagian dari sumber energi tersebut belum mampu dimanfaatkan secara maksimal, sehingga menyebabkan ketergantungan terhadap sumber energi tertentu misalnya saja minyak bumi dan batu bara.

Pemanfaatan-Sumber-Energi-di-Indonesia- image

Sumber Energi Yang Digunakan di Indonesia

Saat ini Indonesia memanfaatkan energi dari berbagai macam sumber, baik itu energi fosil maupun energi alternatif. Berikut ini adalah jenis-jenis energi yang digunakan di Indonesia:

1. Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan sumber daya alam tak terbarukan atau tidak dapat diperbaharui. Sumber daya energi jenis ini terdapat dalam cekungan sedimen tersier di dalam perut bumi, sedimen tersier diperkirakan terbentuk dari jasad makhluk hidup yang terendapkan selama beribu-ribu hingga berjuta tahun yang lalu. Akibat adanya pengaru suhu dan tekanan di dalam perut bumi membuat batuan ini berubah menjadi gelembung-gelembung minyak yang dikenal sebagai minyak bumi.

Berdasarkan data hasil penelitian, Indonesia memiliki cadangan minyak bumi dengan jumlah 48,4 milliar barel yang diperkirakan terdapat di dalam 4 jenis cekungan yang ada di bumi ini. Mengingat minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, namun proses produksinya tiap tahun kian meningkat, sehingga diperkirakan cadangan minyak bumi di Indonesia akan habis terkuras dalam kurun waktu 20 tahun mendatang. Saat ini, pemanfaatan minyak bumi lebih dominan digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dan bahan bakar pembangkit listrik.

2. Batu Bara
Batu bara merupakan sisa pohon purba yang terpendam dan telah mengalami pengarangan secara alami sehingga berbentuk padat. Indonesia memiliki cadangan batu bara dalam jumlah yang besar, yaitu diperkirakan berkisar 34 milliar ton. Sebagian besar berada di Sumatera (60%) serta Kalimantan (20%) sedangkan sisanya terdapat di pulau Jawa, Sulawesi dan Irian Jaya. Seperi halnya dengan minyak bumi, batu bara digolongkan sebagai sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, namun melihat jumlah cadangan yang telah disebutkan di atas dan jumlah produksi berkisar 50-60 juta ton/tahun, maka batu bara Indonesia baru akan habis terpakai dalam kurun waktu 560 tahun mendatang.

3. Gas Bumi
Pada umumnya gas bumi terbentuk bersamaan dengan minyak bumi, sehingga gas bumi banyak diproduksi bersama dengan minyak bumi. Dengan demikian, dapat diprediksi bahwa proses pembenyukan gas bumi tidak jauh berbeda dengan minyak bumi, sehingga kedua jenis sumber energi ini digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Meskipun demikian, potensi cadangan gas bumi di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Berdasarkan data hasil penelitian tahun 1989, cadangan gas bumi di Indonesia secara keseluruhan berjumlah 91,45 trilliun kaki kubik, yang terdiri dari cadangan terbukti dengan jumlah 71,88 trilliun kaki kubik dan cadangan potensial sebesar 19.57 trilliun kaki kubik. Saat ini, penggunaan gas bumi di Indonesia sebagai sumber energi belum terlalu dimaksimalkan, sehingga diharapkan kedepannya penggunaan gas bumi lebih diprioritaskan.

4. Tenaga Air
Banyaknya sungai, besarnya perbedaan tinggi permukaan tanah dan tingginya curah hujan di Indonesia merupakan sumber energi yang cuku besar. Hasi penelitian menunjukkan bahwa potensi sumber daya tenaga air di Indonesia dapat mencapai 75.625 megawatt. Potensi yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik berjumlah sekitar 8700 MW. Secara nasional sumber energi air yang telah dimanfaatkan hanya mencapai 3,8% dari potensi yang ada, memang belum besar penggunaanya bila dibandingan dengan minyak bumi dan sumber energi fosil lainnya. Tenaga air digolongkan sebagai sumber daya energi yang terbarukan.

5. Panas Bumi
Letak geografis indonesia berada di dalam jalur rangkaian gunung berapi yang dikenal sebagai daerah cincin api, jadi wajar saja bila di Indonesia terdapat banyak gunung berapi. Hal ini menyebabkan banyaknya jalur magma yang berdekatan dengan permukaan bumi dan memanaskan batuan-batuan di atasnya, sehingga kandungan air di area tersebut banyak bersentuhan dengan batuan panas, dimana sebagian akan muncul ke atas permukaan bumi sebagai sumber air maupun uap panas. Air dan uap panas inilah yang kemudian disebut sebagai sumber energi panas bumi, seperti halnya dengan tenaga air, panas bumi termasuk sumber energi terbarukan.

Selain sumber energi yang telah disebutkan di atas, sebenarnya Indonesia masih memiliki sumber energi lain seperti arang, limbah hutan, limbah pertanian, biogas, tenaga angin, tenaga surya dan tenaga samudera yang merupakan sumber energi terbarukan. Sumber energi tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut agar mencukupi kebutuhan energi di Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai pemanfaatan sumber energi di Indonesia, semoga artikel ini menambah wawasan anda, sekian dan Terimakasih.

1 Response to "Pemanfaatan Sumber Energi di Indonesia"

  1. Memang sumber energi sangat berpengaruh banyak terhadap kehidupan kita. Kebanyakan kontraktor bermunculan itupun karena ada peluang dari sumber energi alam yang disebutkan.

    Terimakasih pak ulasannya.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.