Manajemen dan Lingkungan External Organisasi

Pada artikel ini, kita akan belajar bersama tentang hubungan manajemen dengan lingkungan external organisasi dengan menggunakan pedekatan system dan contigency sebagai dasar pemandu, agar lebih jelasnya, alangkah baiknya jika sobat membaca juga artikel perkembangan teori manajemen yang di dalamnya telah membahas tentang aliran manajemen dan pendekatan manajemen.  Pokok pembahasan kita kali ini yaitu faktor-faktor lingkungan external yang berpengaruh serta dipengaruhi secara langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan-kegiatan dalam organisasi.

Faktor-Faktor Lingkungan External

Lingkungan external terdiri dari unsur-unsur yang terdapat diluar organisasi, yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan  dan memiliki pengaruh dalam pembuatan keputusan seorang manajer, sehingga perlunya seorang manajer mengetahui unsur-unsur lingkungan external yang dapat mempengaruhi kinerja organisasinya. Pada umumnya lingkungan external organisasi yaitu perubahan perekonomian, perilaku konsumen atau masyarakat, peraturan dari pemerintah, perkembangan teknologi, politik dan lain sebagainya. Lingkunan external dibagi dua yaitu lingkungan external mikro dan makro.

Manajemen dan Lingkungan External Organisasi- Bagan

A. Lingkungan External Mikro

Lingkungan ini memiliki pengaruh langsung  terhadap kegiatan manajemen, terutama terhadap dunia usaha perusahaan. Komponen yang penting dalam lingkungan ini ialah para pesaing yang akan dihadapi perusahaan, para pelanggan yang harus dilayani, lembaga-lembaga keuangan, para penyedia (suppliers) serta perwakilan-perwakilan permerintah,

  1. Para pesaing (rival)
    Lingkungan persaingan perusahaan tercermin dari tipe, jumlah dan norma-norma perilaku organisasi peasing.
  2. Para pelanggan (customer)
    Strategi dan kebijakan taktik pemasaran perusahaan sangat tergantung dari situasi pasar dan langganan, karena pada dasarnya setiap hasil keluaran dari perusahaan baik itu jasa maupun produk untuk melayani ataupun di jual ke pasar.
  3. Pasar tenaga kerja (labor supplay)
    Organisai memerlukan sejumlah karyawan (personel) dengan berbagai macam keahlian, kemampuan dan pengalaman.
  4. Lembaga keuangan
    Organisai sangat memerlukan berbagai macam lembaga keuangan, seperti Bank komersial dan perusahan-perusahaan asuransi seperti misalnya pasar modal dengan tujuan memperluas kegiatan organisasi tersebut.
  5. Para Penyedia ( suppliers)
    Setiap perusahaan tidak akan bisa menghasilkan produk keluaran tanpa bahan baku (mentah), energi, bahan pembantu dan peralatan, hal inilah yang mendasari kebutuhan organisasi atas para suppliers.
  6. Pemerintah
    Hubungan organisasi dengan pemerintah sangat kompleks, dikarenakan pemerintah sering menjadi penyedia maupun sebagai kreditor.
B. Lingkungan External Makro

Lingkungan ini merupakn lingkungan yang tidak memiliki pengaruh langsung terhadap perusahaan, lingkuan makro terdiri dari teknologi,  politik, perekonomian, social kebudayaan dan dimensi internasional.
  1. Perkembangan Teknologi
    Setiap industri, tingkat kemajuan suatu teknologi dapat memainkan peran berarti pada aspek tertentu, misalnya peningkatan produk dan jasa dan dapat meringankan kinerja para anggota yang terlibat langsung, contohnya saja penggunaan komputer dalam suatu perhitungan, pengelolahan data dan pembuatan schedule.
  2. Variabel Ekonomi
    Setiap manajer akan selalu terlibat sengan masalah-masalah biaya sumber daya yang dibutuhkan organisasi, biaya dalam pengadahan sumber daya ini dapat berubah sewaktu-waktu akibat pengaruh dari faktor-faktor ekonomi.
  3. Lingkungan Sosial Kebudayaan
    Lingkungan sosial kebudayan suatu masyarakat merupakan pedoman hidup yang menentukan bagaimana suatu organisasi atau manajer harus beroperasi. Hal ini disebabkan oleh nilai-nilai serta kebiasaan masyarakat dapat berpengaruh terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. lingkungan ini selain mencakup nilai-nilai dan kebiasan terdapat juga faktor-faktor lain yaitu kepercayaan, pola kehidupan yang dibentuk dari tradisi maupun adat, pendidikan, kelompok dan ethnis.
  4. Politik dan Peraturan
    Politik dalam suatu periode tertentu dapat menentukan operasi perusahaan, seorang manajer tidak mungkin mengabaikan iklim politik dan peraturan yang berhubungan dengan ruang lingkupnya.
  5. Dimensi Internasional
    Komponen ini dapat menyajikan kesempatan maupun tantangan yang dapat berpengaruh langsung bagi perusahaan. Kekuatan-kekuatan internasional ini mencakup politik dunia, kebijakan impor expor dan tingkat pertukaran mata uang asing yang dapat mempengaruhi pengadaan sumber daya maupun bahan baku suatu perusahaan. Sebagai Kekuatan yang berada diluar jangkauan perusahaan sehingga keadaan ini hanya dapat memberikan pengaruh dan sangat jarang organisasi yang dapat memberikan pengaruh balik yang berarti, sehingga seorang manajer perlu menganalisa dan mengantisipasi segala kemungkinan yang bersumber dari dunia internasional.

Organisasi dan Lingkungan

Manajer dan organisasinya selalu memberikan tanggapan terhadap lingkunga external baik melalui usaha untuk mempengaruhi lingkungan external mikro dan peramalan serta penyesuaian terhadap lingkungan external makro. Dalam usaha untuk mempengaruhi lingkungan extern mikro, berbagai teknik telah dikembangkan seperti menggunakan media pengiklanan yang tentunya berisi suatu tujuan organisasi. sedangkan dalam usaha beradaptasi dengan lingkungan extern makro, cara paling penting bagi manajer yaitu melalui pengembangan dan implementasi rencana-rencana bagi organisasi.

Tanggung Jawab Sosial Manager

Tanggung jawab sosial berarti bahwa manajemen harus mempertimbangkan segala bentuk dampak sosial dan ekonomi di dalam pembuatan suatu keputusan. Tentunya etika seorang manajer harus berdasar pada nilai-nilai dan moral yang dianggap baik serta budi luhur dalam lingkungan atau masyarakat. Terdapat lima factor yang mempengaruhi keputusan-keputusan yang berhubungan dengan etika, yaitu:
  • Hukum.
  • Peraturan-peraturan dari pemerintah.
  • Kode etik industri dan perusahaan.
  • Tekanan-tekanan sosial.
  • Pegangan antara kebutuhan organisasi dan standar perorangan.
Faktor-faktor ini mempengaruhi etika manajer dengan tingkatan dan bidang-bidang fungsi yang berbeda.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang lingkungan external yang dapat bepengaruh terhadap kegiatan organisasi, semoga bermanfaat dan marilah kita belajar bersama, Terimakasih.

0 Response to "Manajemen dan Lingkungan External Organisasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.