Pengertian Manajemen

Dalam perjalanan hidup manusia tentu tidak terlepas dalam suatu lingkup organisai, seperti organisai sekolah, olahraga, budaya, lingkungan hidup dan bagai macam organisasi lainnya. Pada prinsipnya semua jenis organisai memiliki kesamaan dasar walaupun dapat berbeda dalam beberapa hal, misalnya organisasi perusahaan ataupun pemerintahan tentu memiliki system pengelolahan lebih formal jika dibandingkan dengan organisasi yang memiliki ruang lingkup yang terbatas seperti organisasi yang bergerak dalam lingkup sekolah, tetapi tentunya memiliki kesamaan terutama tercermin pada fungsi-fungsi manajerial yang dijalankan hanya saja penerpannya yang terkadang berbeda.

Pengertian Manajemen- image

Defenisi Manajemen

Manejemen ialah ilmu dan seni mengatur dalam pemanfaan sumber daya manusia  dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Manejemen yang efektif akan memudahkan terwujudnya suatu tujuan perusahaan/organisasi, karyawan serta masyarakat. Unsur utama dalam manejemen meliputi: method, man, money, machine, material dan market. Secara garis besar, manjemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha dan penggunaan sumber daya lainnya oleh para anggota organisasi, agar tujuan-tujuan organisasi tersebut dapat tercapai.

Dalam suatu organisasi, tentu terdiri dari sekelompok orang yang kemungkinan besar memiliki latar belakang pendidikan serta karakter yang berbeda, agar perbedaan tersebut dapat sejalan seirama, maka seorang manejer harus mampu menerapkan proses-proses manejemen sebagaimana fungsinya agar tujuan yang telah ditetapkan dapat terwujud.
Menurut para ahli manejemen, terdapat empat fungsi utama manejemen yaitu: planning, organizing serta controlling, dan satu fungsi variasi yaitu directing.

Fungsi Manajemen

Berikut penjelasan tentang fungsi manajemen:
  • Perencanaan (planning), pada tahap ini para manejer memikirkan kegiatan-kegiatan dasar serta penetapan tujuan sebelum melakukan pelaksanaan, proses ini merupakan dasar dalam manejemen karena tanpa proses ini, proses selanjutnya tidak akan tercapai.
  • Pengorganisasian (organizing), dimana seorang manejer melakukan koordinasi dalam bentu strateki dan taktik yang telah disusun dalam proses perencanaan  yang ditujukan terhadap anggotanya dalam melakukan pelaksanaan dan penggunaan sumber daya lainnya.
  • Pengarahan (actuating/directing), yaitu proses dimana manejer mengarahkan dan memimpin para bawahan serta memberikan motivasi agar semua pihak yang bergerak didalamnya dapat berkontribusi sesuai dengan tanggung jawabnya.
  • Pengawasan (controlling), pada tahap ini seorang manejer berupaya untuk menjamin bahwa kegiatan organisasi telah bergerak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan harus segera mengambil tindakan bila dalam pelaksanaan terdapat jalur yang tidak sesuai.
Seorang manejer tidak dapat melakukan kegiatan dengan seorang diri, tetapi menyelesaikan tugas-tugas esensial dengan bantuan orang lain.

Kebutuhan Akan Manajemen

Terdapat tiga alasan utama diperlukannya manejemen, yaitu:
  1. Untuk mencapai tujuan
    Manejemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi maupun pribadi.
  2. Untuk menjaga kesimbangan diantara tujuan-tujan yang berbeda.
    Manejemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan ataupun saran-saran dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak dalam suatu organisasi/perusahaan maupun dari luar perusahaan tersebut seperti misalnya dengan para konsumen, serikat kerja, asosiasi perdagangan dan pemerintah.
  3. Untuk mencapai efesiensi dan efektifitas
    Suatu organisasi dapat diukur dengan berbagai macam cara yang berbeda, salah satu cara yang umum adalah tingkat efesiensi dan efektifitas. Efesiensi ialah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar, sedangkan efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat  ataupun peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dengan kata lain seorang manejer yang efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan serta metode yang tepat.

Prinsip Manajemen

Menurut Henry Fayol (pencetus teori manejemen asal France), prinsip-prinsip dalam manejemen bersifat lentur yang berarti bahwa perlu dipertimbanhkan sesuai dengan kondisi khusus serta dengan situasi-situasi yang berubah. prinsip-prinsip manejemen terdiri dari:
  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Disiplin (discipline)
  3. wewenang serta tanggung jawab (authority and responsibility)
  4. kesatuan perintah (unity of command)
  5. kesatuan pengarahan (unity of direction)
  6. mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan sendiri (subordination of individual interests to the general interests)
  7. Hirarki (hierarcy)
  8. Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  9. Pemusatan (centralisation)
  10. Tata tertib (order)
  11. Keadilan (equity)
  12. Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  13. Inisiatif (inisiative)
  14. Semangat kesatuan (esprits of corps)

Teori Manajemen

Terdapat 6 (enam) teori manejemen, yaitu:
  1. Aliran klasik
    Aliran ini mendefenisikan bahwa  manejemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya, perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada  penerapan fungsi tersebut.
  2. Aliran Perilaku
    Aliran ini terkadang disebut juga aliran manajemen hubungan manusia, pada aliran ini memusatkan kajiannya terhadap aspek manusia serta perlunya manajemen memahami manusia.
  3. Aliran Manajemen Ilmiah
    Pada aliran ini menggunakan kajian matematika dan statistika untuk menggambangkan teorinya, aliran ini menyebutkan bahwa pendekatan secara kuantitatif  merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah managemen.
  4. Aliran Analisis System
    Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
  5. Aliran Managemen Berdasarkan Hasil
    Aliran ini pertama kali diperkenalkan oleh Peter Drucker pada awal tahun 1950, aliran ini memfokuskan  pada pemikiran hasil-hasil yang telah diraih bukan pada interkasi  kegiatan karyawan.
  6. Aliran Manajemen Mutu
    Pada aliran ini memfokuskan pemikiran pada usaha untuk mencapai kepuasan para pelanggan dan kosumen.

Demikian sedikit pengertian tentang manajemen, mari belajar bersama, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, Terimaksih.

0 Response to "Pengertian Manajemen"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.