Pompa Sentrifugal dan Komponen Utamanya

Pengertian pompa sentrifugal dan komponen utamanya- artikel pengetahuan kali ini akan membahas mengenai salah satu peralatan yang sering digunakan pada kilang minyak yaitu pompa sentrifugal. Seperti yang kita ketahui, pompa terdiri dari beberapa macam dan prinsip kerja yang tentunya berbeda-beda. Inti dari pokok pembahasan kita kali ialah pengertian pompa sentrifugal dan fungsi komponen-komponennya.
Pengetahuan mengenai prinsip kerja dan komponen pompa sentrifugal

Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pump)

Pompa sentrifugal adalah pompa yang memiliki elemen utama berupa motor penggerak dengan sudu impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi. Prinsip kerjanya yaitu merubah energi mekanis dari alat penggerak menjadi energi kinetis fluida (kecepatan), kemudian fluida akan diarahkan ke saluran buang dengan menggunakan tekanan (energi kinetik sebagian fluida diubah menjadi energi tekanan) dengan menggunakan impeller yang berputar di dalam casing. Casing tersebut dihubungkan dengan saluran hisap (suction) dan saluran tekan (discharge), untuk menjaga agar di dalam casing selalu terisi dengan cairan, maka saluran hisap harus dilengkapi dengan katup kaki (foot valve).

Komponen Utama Pompa Sentrifugal

Pompa ini memiliki bebrapa komponen-komponen penyusunnya baik itu komponen yang bergerak maupun yang tidak bergerak, seperti berikut:

Komponen yang bergerak

  1. Shaft (Poros), bagian ini berfungsi untuk meneruskan momen putar dari penggerak selama pompa dalam kondisi beroperasi, komponen ini berfungsi juga sebagai dudukan impeler dan bagian yang bergerak lainnya.
  2. Impeller, berfungsi untuk mengubah energi mekanis dari pompa menjadi energi kecepatan pada fluida yang dipompakan secara continue (terus menerus). Dengan adanya proses ini maka saluran suction (hisap) akan bekerja secara maksimal dan terus menerus sehingga tidak ada kekosongan fluida dalam rumah pompa.
  3. Shaft sleeve, berfungsi untuk melindungi shaft dari erosi, korosi dan keausan pada stuffing box. komponen ini bisa sebagai internal bearing, leakage joint dan distance sleever.
  4. Wearing ring, komponen ini dipasang pada casing (wearing ring casing) dan impeller (wearing ring impeller). Fungsi utama dari komponen ini yaitu untuk meminimalisir terjadinya kebocoran akibat adanya celah antara casing dengan impeller.

Komponen yang tidak bergerak

  1. Casing (rumah pompa), merupakan bagian terluar pompa sebagai pelindung elemen yang berada di dalamnya, tempat kedudukan diffuser, inlet nozzle, outlet nozzle dan sebagai pengarah aliran dari impeller yang akan mengubah energi kecepatan menjadi energi tekan.
  2. Base plate, berfungsi sebagai tempat dudukan seluruh komponen pompa.
  3. Diffuser, alat ini dilekatkan pada pipa dengan menggunakan baut,  fungsi  dari alat ini ialah mengarahkan aliran pada stage berikutnya dan merubah energi kinetik pada fluida menjadi energi tekanan.
  4. Wearing ring casing, alat ini dipasang pada casing untuk mencegah kebocoran yang terjadi akibat adanya celah pada casing dan impeller.
  5. Stuffing box, pada umunya memiliki fungsi sebagai tempat kedudukan beberapa mechanical packing yang mengelilingi shaft sleeve. Fungsi dari alat ini ialah mencegah kebocoran pada daerah dimana pompa menembus casing seperti udara yang dapat masuk ke dalam pompa dan cairan yang keluar dari dalam pompa.
  6. Discharge nozzle, yaitu tempat keluarnya cairan yang bertekanan dari dalam pompa.
Di bawah ini merupakan video mengenai cara kerja pompa sentrifugal:


Dalam kilang minyak, jenis pompa yang paling banyak diaplikasikan yaitu pompa jenis sentrifugal, baik itu dalam pengaliran minyak mentah, produk maupun untuk keperluan utilities. Demikianlah artikel pengetahuan kali ini mengenai pompa sentrifugal dan komponen utamanya. Semoga bermanfaat bagi anda.

3 Responses to "Pompa Sentrifugal dan Komponen Utamanya"

  1. Terima kasih,sangat berguna sekali informasi yang disampaikan...sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Semua artikel yg disampaikan amazing..

    Untuk perpipaan PVC,HDPE,PPR,etc contact kami di 081232217199

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.