Sertifikat Yang Diperlukan Untuk Bekerja di Rig Lepas Pantai

Operasi pengeboran minyak lepas pantai (offshore) merupakan salah satu pekerjaan yang menuntut kesiapan fisik bagi para individu yang terlibat di dalamnya. Hal tersebut berdasarkan pada pekerjaan mereka yang berlangsung di tengah laut dengan kondisi cuaca yang tidak menentu bahkan tergolong extreme. Disamping menuntut kondisi fisik yang prima, pekerjaan ini juga mengharuskan pekerja memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal penanggulangan keadaan darurat kususnya yang terkait dengan keselamatan para pekerja itu sendiri.

Cuaca extreme di offshore rig

Sertifikat Untuk Pekerja Rig Lepas Pantai

Hampir semua perusahaan yang bergerak pada operasi lepas pantai baik itu pengeboran maupun produksi menetapkan persyaratan keselamatan bagi calon pekerjanya. Perusahaan juga umumnya tidak akan menempatkan karyawan baru pada kegiatan lepas pantai hingga dia telah mengikuti pelatihan dan sertifikasi keselamatan kerja yang diperlukan.

Terdapat beberapa jenis pelatihan dan sertifikasi keselamatan kerja bagi calon pekerja offshore rig. Sertifikasi ini bisa kita ikuti berdasarkan keinginan pribadi atau rekomendasi perusahaan tempat kita bekerja. Di bawah ini beberapa pelatihan dan sertifikasi yang umum menjadi persayaratan dari perusahaan.

Sertifikat BOSIET

Basic Safety Safety Induction and Emergency Training (BOSIET) adalah salah satu jenis sertifikasi yang menjadi persyaratan bagi mayoritas perusahaan bagi para pekerja yang akan ditugaskan pada rig offshore. Sertifikat ini bahkan menjadi persyaratan mutlak bagi perusahaan-perusahaan besar luar negeri.

BOSIET melatih para pekerja mengenai bahaya yang umum terjadi di rig lepas pantai, terutama yang berkaitan dengan kelangsungan hidup di laut, persiapan penanggualangan darurat, pertolongan pertama dan teknik penanggulangan kebakaran. Pelatihan ini juga mencakup potensi dampak lingkungan dari kegiatan pengeboran lepas pantai, serta peraturan keselamatan yang dirancang untuk tujuan melindungi area dari potensi yang dapat ditimbulkan dari kegiatan pengeboran.

Sertifikat HUET

Helicopter Underwater Escape Training (HUET) merupakan pelatihan yang menekankan mengenai keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelamatkan diri ketika helikopter berada di dalam air. Pelatihan ini penting bagi siapa saja yang menggunakan transportasi helikopter. Untuk karyawan rig lepas pantai, sertifikasi ini dibutuhkan karena transportasi ke lokasi rig umumnya menggunakan helikopter terutama rig yang berada jauh dari daratan.

Pelatihan ini dilakukan di kolam renang khusus dan biasanya hanya memerlukan waktu sehari dan bersifat umum tanpa perlu kualifikasi yang rumit. Dalam prakteknya, kita akan dilatih cara menggunakan pelampung dan peralatan pernapasan darurat. Setelah itu kita akan masuk ke dalam simulator helikopter yang disebut "dunker", nantinya dunker ini akan ditenggelamkan ke dalam air dengan kemiringan serta kedalaman yang berbeda-beda sehingga kita harus melakukan berbagai metode penyelamatan diri sesuai dengan yang telah diajarkan sebelumnya.

Sertifikat Basic Sea Survival

Pelatihan Basic Sea Survival atau teori dasar ketahanan di laut meliputi pengenalan perangkat keamanan dan keselamatan di laut, fungsinya, cara penggunaannya dan tentunya praktek lapangan. Pelatihan ini merupakan salah satu yang harus dilalui oleh pekerja rig offshore. Umumnya training ini hanya berlangsung 1 hari, dimana teori dilaksanakan di dalam ruangan dan praktek dilaksanakan di kolam renang atau juga pantai.

Nah, itulah tiga jenis sertifikat yang perlu kita miliki bila ingin bekerja di Offshore Rig. Namun perlu diingat bahwa ketiga sertifikasi tersebut bukan merupakan syarat mutlak untuk dapat bekerja di rig minyak lepas pantai, masing-masing perusahaan memiliki kualifikasi yang berbeda-beda.

Untuk mengikuti pelatihan serta sertifikasi bidang offshore, saat ini sudah banyak lembaga di Indonesia yang menyediakan program tersebut. Sekian artikel kali ini, semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

Baca Juga: 5 Jenis Insiden Paling Mematikan di Rig Offshore

0 Response to "Sertifikat Yang Diperlukan Untuk Bekerja di Rig Lepas Pantai"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.