5 Universitas Teknik Perminyakan Terbaik di Dunia

Bidang Teknik perminyakan secara garis besar meliputi explorasi dan extraksi hidrokarbon berbasis minyak mentah, gas alam dan bentuk energi lainnya untuk tujuan ekonomi. Gelar Teknik Perminyakan dianggap akan menghasilkan karir yang menggairahkan di industri minyak dan gas bumi, termasuk rekayasa reservoir, produksi dan pengeboran, yang menawarkan ruang lingkup untuk bekerja di seluruh dunia, dalam pekerjaan yang secara teknis menantang dan menguntungkan secara finansial.

Ilustrasi lulusan program studi teknik perminyakan.

Bidang studi ini mulai diajarkan di perguruan tinggi pada tahun 1914. Sejak saat itu hingga sekarang banyak perguran tinggi di dunia yang menawarkan program ini dan telah menghasilkan lulusan-lulusan teknik perminyakan yang siap untuk berkarir secara profesional.

5 Perguruan Tinggi Teknik Perminyakan Terbaik di Dunia

Dari sekian banyak perguruan tinggi di dunia yang menyediakan program studi teknik perminyakan, ada beberapa universitas yang dianggap lebih maju  dalam memberikan pelajaran ilmu migas kepada mahasiswanya. Berikut di bawah  ini 5 daftar universitas teknik perminyakan terbaik di dunia.


1.  TEXAS A&M UNIVERSITY

Siswa yang tertarik untuk mempelajari program ini harus mendaftar di Universitas Texas A & M di bawah Departemen Harold Vance. Menurut statistik, program sarjana dan pascasarjana yang ditawarkan di Universitas ini termasuk di antara 1 dan 2 yang terbaik di Amerika Serikat. Bahkan saat ini T & M University memiliki cabang di Qatar yang didirikan pada tahun 2003 dan cabangnya juga telah menawarkan program studi Teknik Perminyakan.

Dalam pembelajarannya, para mahasiswa diajar untuk melakukan berbagai kegiatan yang meliputi evaluasi reservoir gas dan minyak. Sebagian besar siswa juga harus mempelajari beberapa materi pada bidang studi lain, seperti kimia dan teknik sipil. Dengan kemajuan teknologi, semua siswa yang mengambil jurusan ini harus memiliki pengetahuan tentang kemajuan teknologi dan sistem komputer.

2. UNIVERSITY OF ADELAIDE

Universitas Adelaide berbasis di negeri kanguru Australia. Program studi Teknik perminyakan diajarkan di bawah Australian School of Petroleum atau ASP sebagai hasil penggabungan antara sekolah teknik perminyakan dan manajemen dan pusat nasional untuk geologi perminyakan & geofisika.

Australian School of Petroleum hanyalah salah satu dari sedikit sekolah di seluruh dunia yang menawarkan kurikulum komprehensif pada sektor migas.

Fitur utama dari program teknik perminyakan University of Adelaide adalah kurikulum modern yang mengintegrasikan teknik perminyakan inti dengan ilmu pengetahuan dan manajemen geospasial. Fokus ini mengarah pada siswa yang dilengkapi dengan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri dan cara kerjanya.

3. UNIVERSITY OF NEW SOUTH WALES

Didirikan pada tahun 1985, School of Petroleum Engineering adalah sekolah pelatihan industri minyak bumi dan pasca sarjana terbaik di Australia, yang melayani siswa Australia maupun internasional. Pergutuan tinggi ini menawarkan gelar sarjana pertama dari jenisnya di Australia dan merupakan kursus teknik perminyakan pertama di dunia yang diakreditasi oleh Institution of Chemical Engineers (London).

Sekarang bertempat di Tyree Energy Building di Kampus Kensington UNSW, School of Petroleum Engineering memiliki sekitar 200 mahasiswa dan lebih dari 40 mahasiswa pascasarjana. Perguran tinggi ini menawarkan berbagai kualifikasi profesional termasuk program BE Undergraduate yang diakui secara internasional.

4. COLORADO SCHOOL OF MINES

Posisi 4 sebagai universitas teknik perminyakan terbaik di dunia di tempati oleh Colorado School of Mines. Perguruan tinggi ini terletak di negara bagian Colorado di Amerika Serikat. Misi institusi ini untuk memberikan pendidikan tingkat tinggi kepada semua insinyur dan mempersiapkan mereka untuk bekerja di industri perminyakan di seluruh dunia.

Sekolah ini menyediakan tingkat sarjana dan pascasarjana dan semua siswa yang belajar di institusi ini diharapkan dapat melakukan penelitian yang menambahkan dimensi baru pada kemajuan teknologi dalam industri perminyakan. Colorado School of Mining mencapai misinya dengan menawarkan kepemimpinan aktif sebagai dasar yang kuat bagi siswa yang melakukan berbagai program. Program teknik perminyakan menempatkan penekanannya pada bidang penelitian, pengajaran berkualitas tinggi dan kerja sama tim.

5. UNIVERSITY OF MANCHESTER

Lulusan University of Manchester memiliki catatan kerja yang sangat tinggi, dan kursus ini diakui sebagai program unggulan oleh perusahaan minyak internasional.

Calon mahasiswa teknik perminyakan yang ingin belajar di University of Manchester akan diminta untuk memenuhi persyaratan masuk yang ditentukan dan begitu mereka mendaftar, mereka akan mengikuti program ini selama empat tahun. Siswa yang lulus dari University of Manchester memiliki kesempatan lebih tinggi untuk dipekerjakan dan program yang ditawarkan oleh universitas dan ini diakui secara internasional oleh para pemimpin pasar di industri minyak.

Baca Juga: Mengenal Sekolah Tinggi Migas (STT MIGAS) Balikpapan

Nah, itulah daftar 5 universitas teknik perminyakan terbaik di dunia saat ini. Jika anda tertarik untuk untuk mendalami bidang studi ini di perguruan tinggi maka sangat disarankan untuk menekankan pengetahuan pada mata pelajaran kimia, matematikan, fisika dan geologi. Perlu juga diingat bahwa di Indonesia sendiri terdapat beberapa perguruan tinggi yang telah menyediakan program studi teknik perminyakan yang tentunya sistem pembelajarannya tidak kalah dengan universitas ternama di luar negeri.

0 Response to "5 Universitas Teknik Perminyakan Terbaik di Dunia"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.