Mega Proyek Kilang Minyak Pertamina di Kota Bontang

Kilang minyak merupakan tempat kerja favorit sebagian besar masyarakat
Kilang Minyak
Mega proyek unit pengolahan minyak atau kilang minyak di Bontang belakangan ini menjadi suatu hal yang ramai diperbincangkan terutama di kalangan masyarakat propinsi Kalimantan Timur. Menurut informasi saat ini bahwa  PT. Pertamina akan mengangarkan dana sebesar 120 triliun untuk proyek kilang tersebut dan rencanya proses pembangunannya akan dimulai pada tahun 2017.

Pembangunan Kilang Minyak Pertamina di Bontang

Dalam hasil pertemuan antara Pemkot Bontang maupun DPRD dengan Pemerintah pusat menyatakan bahwa memang sejak awal kota Bontang diprioritaskan untuk proyek kilang ini. Keputusan tersebut telah disesuaikan dengan beberapa aspek sehingga akhirnya Bontang dinyatakan siap untuk menerima proyek ini dan kedepannya akan melayani suplai produk bahan bakar minyak (BBM) maupun LPG ke beberapa wilayah di Indonesia Timur.

Adapun usaha yang saat ini sedang direalisasikan oleh Pemkot Bontang yaitu mempercepat proses izin yang diperlukan seperti IMB (Izin Mendirikan Bangunan), pembebasan lahan dan izin pembangunan wilayah berdasarkan tata ruang kota.

Kilang minyak Bontang ini akan dibangun di area lahan PT. Badak NGL seluas 550 hektar dengan waktu pengerjaan sekitar empat tahun. Rencannya kilang tersebut akan berkapasitas 300.000 barrel/hari, apabila memang demikian maka dipastikan bahwa kilang baru ini kapasitasnya akan melebihi kilang minyak Balikpapan yang hanya berkapasitas 260.000 barrel per hari.

Program Pemkot Bontang yang akan menjadikan Kota Bontang menjadi kawasan industri nampaknya sejalan dengan proyek pembangunan kilang minyak Pertamina tersebut. Nantinya bila kilang minyak baru ini resmi beroperasi maka akan menambah jumlah produksi bahan bakar minyak nasional sebesar 300.000 barrel dan diperkirakan akan menyerap 10.000 tenaga kerja baik itu level tenaga kerja ahli maupun tenaga kasar.

Melihat banyakanya jumlah tenaga kerja yang mampu diserap tentu saja membuat banyak orang menanti maupun berharap agar proyek pembangun kilang minyak Bontang cepat selesai dan segera beroperasi. Saya sendiri berharap agar suatu saat nanti lulusan-lulusan teknik perminyakan dari perguruan tinggi Kalimantan Timur dapat berkarir/bekerja pada kilang baru ini mengingat semakin banyaknya pemuda-pemudi Kaltim yang melanjutkan jenjang pendidikan mereka pada bidang teknik perminyakan.

Perlu diketahui bahwa saat ini Bontang telah memiki beberapa sektor industri berskala besar yang cukup tenar di Indonesia seperti PKT Bontang (Pupuk Kaltim Bontang) dan perusahaan gas alam cair PT. Badak NGL. Selain di sektor migas maupun petrokimia, kota ini juga memiliki kawasan pertambangan batubara seperti lokasi tambang PT. Indominco.

Dengan adanya proyek pembangunan kilang minyak Bontang tentu akan membuat masyarakat khusunya di Kalimantan Timur berharap agar kedepannya kelangkaan BBM yang masih sering terjadi di berbagai daerah dapat diminimalisir, karena sungguh sangat disayangkan dan akan terdengar aneh apabila kota yang memiliki unit pengolahan migas masih mengalami kelangkaan bahan bakar minyak maupun produk hasil olahan minyak bumi lainnya

Sekian info kali ini mengenai mega proyek kilang minyak pertamina di kota Bontang yang sedang dalam tahap pembangunan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Mega Proyek Kilang Minyak Pertamina di Kota Bontang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.