Tiga Jenis Pumping Unit (Sucker Rod Pump)

Pompa angguk atau sucker rod pump menggunakan teknik pengangkatan minyak bumi dari dalam sumur dengan bantuan tenaga buatan (artificial lift) hingga minyak bumi tersebut sampai di atas permukaan dan selanjutnya di masukkan ke dalam tangki penampungan. Secara umum, pompa ini digunakan pada sumur-sumur yang tidak memiliki tenaga untuk mengalirkan minyak mentah dengan sendirinya serta sering juga digunakan pada sumur-sumur yang sudah tua.

Sucker Rod PumpSaat beroperasi, pompa angguk akan mengubah gerak rotasi (prime mover) menjadi gerakan turun naik, selanjutnya gerak naik turun tersebut akan melewati walking beam dan akan diteruskan ke horse head. Sehingga, gerakan naik turun akan menjadi gerak lurus naik turun dan akan menggerakkan plunger pompa melalui rod string. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca klasifikasi pompa angguk pada artikel sebelumnya.

Jenis-Jenis Pumping Unit


Pompa angguk terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan oleh jumlah tenaga yang dimiliki untuk mengangkat minyak mentah ke atas permukaan. American Petroleum Institute (API) menyatakan bahwa pumping untik yang digunakan pada sumur minyak terdiri dari tiga jenis, yaitu conventional type, low torque unit dan air balance unit. Berikut penjelasan dari masing-masing type tersebut:

1. Jenis Standar (Conventional Type)
Pada jenis ini, walking beam akan ditopang oleh samson post pada bagin tengah. Jenis pompa ini banyak dipergunakan pada sumur minyak yang memiliki berbagai macam ukuran, bahkan mencapai 100 horse power. Pumping unit jenis conventional type terdiri dari dua bagian, yaitu:
  1. Beam counter balance system; dimana balancing load terpasang pada walking beam.
  2. Crank counter balance system; counter weigt terpadang pada crank.

2. Low Torque Unit
Untuk pumping unit jenis ini, walking beam akan ditopang oleh samson post pada bagian ujung belakang. Umumnya, unit ini membutuhkan tenaga yang tergolong lebih sedikit bila dibandingkan dengan conventional type. Jenis ini banyak digunakan pada sumur yang memproduksi minyak bumi dalam jumlah besar. Ukuran tenaga yang dimiliki mencapai 120 horse power.

3. Air Balance Unit
Air Balance unit tidak menggunakan conunter weight, melainkan digantik oleh tabung udara yang bertekanan. Jenis ini memiliki kinerja yang lebih ringan dan lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis-jenis yang telah disebutkan di atas. Ukuran yang tersedia untuk jenis ini hanya terbatas, namun tenaga yang dimiliki dapat mencapai 150 horse power. 

Demikianlah artikel kali ini tentang tiga jenis pompa khususnya pumping unit (sucker rod pump), semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Tiga Jenis Pumping Unit (Sucker Rod Pump)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.