Cara Kerja Solenoid Valve Pneumatic

Halo semuanya, terimakasih telah berkunjung ke situs proses industri. Beberapa artikel sebelumnya telah mengulas mengenai valve dan jenis-jenisnya. Tentu sebagian besar dari Anda telah memahami apa yang dimaksud dengan valve, valve adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengontrol aliran fluida pada sistem perpipaan. Kali ini penulis akan mengulas mengenai solenoid valve pneumatic, silahkan anda baca artikel ini hingga selesai.

Diagram proses solenoid valve pneumatic

Cara Kerja Solenoid Valve Pneumatic

Apa yang dimaksud dengan solenoid valve pneumatic?, solenoid valve pneumatic adalah jenis valve yang menggunakan energi listrik sebagai tenaga penggeraknya melalui solenoid. memiliki kumparan sebagai penggerak piston yang dapat digerakkan oleh arus AC aupun DC. Jenis valve ini memiliki lubang masukan sebagai tempat masuknya udara, lubang keluaran dan lubang exhaust pneumatic. Jadi, apa saja fungsi dari ketiga lubang tersebut?, lubang masukan sebagai tempat masuknya udara dan lubang keluaran sebagai tempat dimana udara bertekanan keluar kemudian akan dihubungkan ke dalam pneuamtic, Sedangkan untuk  saluran exhaust berfungsi sebagai saluran tempat keluarnya udara bertekanan. Udara bertekanan tersebut dihasilkan oleh plunger yang bergerak saat selenoid valve pneumatic beroperasi.

Solenoid valve merupakan elemen control yang banyak digunakan pada industri terutama yang berhubungan dengan pengolahan fluida gas. Adapun fungsi utama dari solenoid valve yaitu untuk mematikan, untuk pencampuran fluida, distribusi, dose dan release. Perlu anda ketahui bahwa solenoid valve memiliki berbagai macam jenis tergantung dari metode kerjanya dan penggunaanya. Namun, bila diamati dari modelnya, solenoid valve terdiri dari dua jenis yaitu solenoid valve double coil dan single coil walaupun kedua jenis ini memeiliki cara kerja yang sama.

Saat ini soleoid valve banyak diaplikasikan pada suatu proses tertentu, karena memiliki kelebihan seperti masa servis yang tergolong lama, sangat efisien, aman dan daya kontrol rendah. Dalam pengaplikasiannya, solenoid valve terdiri dari beberapa variasi seusai keguaan mesin tersebut. Berikut ini adalah beberapa penggunaan solenoid valve:
  1. Untuk menggerakkan piston valve
  2. Untuk menggerakkan tabung silinder
  3. Untuk menggerakkan blow set valve.
Supaya anda lebih paham mengenai solenoid valve pneumatic, maka akan lebih baik bila anda juga mengetahui prinsip kerja dari alat ini. Berikut cara kerja atau prinsip kerja solenoid valve, pertama coil yang terdapat pada katup listrik  akan bergerak ketika memperoleh suplai tenaga listrik dan coil tersebut akan berubah menjadi energi medan magnet, medan magnet tersebut akan menggerakkan piston pada bagian dalam. Umumnya tegangan kerja pada solenoid valve berkisar 100/200 VAC, tapi ada juga jenis solenoid valve yang menggunakan tegangan kerja DC.

Dalam prosesnya, motor listrik akan dihidupkan untuk mengoperasikan kompresor. udara luara akan disedot dan ditekan ke dalam tangki udara hingga mencapai tekanan tinggi. Saat penyaluran udara bertekanan ke seluruh sistem  diperlukan service unit yang terdiri dari shut off valve (katup keran), filter (penyaring) dan pengatur tekanan atau regulator. Mengapa service unit tersebut diperlukan?, karena udara yang bertekanan harus benar-benar bersih saat masuk ke dalam sirkuit pneumatik. Umumnya tekanan operasional yang digunakan sekitar 6 bar.

Udara bertekanan akan keluar melalui outlet port melalui selang elastis dan kemudian masuk ke dalam katup masukan pneumatic (inlet port). Udara yang bertekanan akan mengisi tabung pneumatic akan menggerakkan piston dalam posisi maju dan akan berhenti pada lubang outlet port pneumatic (saluran buang pneumatic) sebagai tempat keluarnya udara.

Demikianlah ulasan kali ini tentang cara kerja solenoid valve pneumatic, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Cara Kerja Solenoid Valve Pneumatic"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.