7 Propinsi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah, baik itu sumber dayaalam yang berada di atas permukaan tanah maupun yang berada di bawah permukaan tanah. Salah satu sumber daya alam yang dimaksud yaitu minyak bumi. Saat ini, Indonesia memiliki 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kapasitas produksi migas tertinggi Asia Tenggara. Kenyataan tersebut membuat kegiatan bisnis migas di negara ini terus mengalami peningkatan tiap tahunnya, diperkirakan jumlah minyak bumi yang di keruk dari dalam perut bumi di berbagai wilayah Indonesia mencapai 915.798 barel/hari.

Sumur minyak di Indonesia

7 Propinsi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Cadangan Minyak bumi yang dimiliki dimiliki Indonesia tersebar di berbagai wilayah, mulai dari pulau Sumatera, Kalimantan hingga Papua. Di bawah ini adalah daftar 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, silahkan disimak.

Papua Barat

Propinsi ini merupakan daerah terluas di Indonesia, yaitu berkisar 410.660 km2. Karena memiliki wilayah yang luas, maka sumber daya alam yang mereka miliki khusunya minyak bumi bisa dikatakan cukup besar. Papua barat mampu menghasilkan 14.812 barrel per hari, minyak tersebut terdiri dari 8243 barrel minyak mentah dan 6568 barrel kondensat. Selain sumur minyak, propinsi ini juga terdapat unit pengilangan milik perusahaan minyak dalam negeri.

Sumatera Selatan

Propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia selanjutnya yakni propinsi Sumatera Selatan. Ladang minyak di Sumatera Selatan tersebar di beberapa wilayah, seperti di Lematang, Ogan Komering, Rimau, South dan Central Sumatera, Pendopo dan Raja blok. Jika disatukan, total jumlah produksi minyak mentah di propinsi ini dapat mencapai 41.057 barel per hari. Sama halnya dengan propinsi Papua Barat, di propinsi Sumatera Selatan juga berdiri unit penyulingan minyak bumi milik Pertamina.


Propinsi Jawa Timur

Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu propinsi terpadat di Indonesia, namun propinsi ini memiliki ladang minyak yang cukup melimpah. Jawa timur memiliki blok minyak utama yang sering disebut dengan blok minyak Cepu. Propinsi ini mampu menghasilkan 52.290 barel minyak mentah dan 326 barrel kondensat, atau bila di jumlahkan maka totalnya berkisar 52.616 barel per hari. Besarnya jumlah produksi migas tersebut diperoleh dari beberapa ladang minyak produksi yang dikelola oleh perusahan-perusahaan minyak luar negeri maupun dalam negeri.

Kepulauan Riau

Kepulauan riau merupakan propinsi termuda di Indonesia, dan memiliki luas lautan 95% dari total luas propinsi tersebut. Selain itu, propinsi ini juga berbatasan langung dengan negara Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kamboja. Walaupun propinsi ini memiliki luas daratan yang tergolong kecil namun dikategorikan sebagai salah satu propinsi terkaya di Indonesia. Satusnya sebagai salah satu propinsi terkaya di Indonesia karena sumber daya alam khususnya minyak bumi yang dimiliki memang sangat melimpah. Cukup banyak perusahaan minyak luar negeri yang beroperasi di propinsi ini.

Kebanyakan ladang minyak di kepulauan Riau berada di laut. Block offshore yang dimaksud terdiri dari Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B dan South Natuana Sea Block A. Ketiga block offshore tersebut mampu menghasilkan 65.154 barrel minyak mentah per hari, dengan rincian 62.130 barrel minyak mentah dan 3.024 barrel kondensat. Selain kaya akan minyak bumi, propinsi ini juga memiliki cadangan gas alam terbesar di Indonesia.

Sektor Laut Jawa

Sumur minyak offshore (lepas pantai) pada laut Jawa dapat dikategorikan sebagai sumur minyak yang netral atau tidak diklaim oleh propinsi manapun. Ladang minyak Offshore di laut jawa terbentang dari Sumatera bagian tenggara hingga ke wilayah Jawa Barat. Jika disatukan, kapasitas produksi dari semua sumur yang beroperasi di laut jawa dapat menghasilkan minyak mentah sebesar 65.157 barel per hari, dengan perbandingan minyak mentah 62.130 barrel serta 3.024 barrel kondensat.

Kalimantan Timur

Propinsi Kalimantan Timur memang dikenal sebagai salah satu propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Bahkan salah satu kota yang terletak di propinsi ini yakni kota Balikpapan dijuluki sebagai "kota minyak". Terdapat beberapa lokasi pengeboran minyak bumi di propinsi ini, seperti di daerah Sanga-Sanga, Mamburungun, Kutai dan blok Mahakam.

Total kapasitas produksi dari semua sumur tersebut mencapai 134.626 barrel per hari, yang terdiri dari 60.331 barel minyak mentah dan 74.925 barel kondensat. Selain memiliki kandungan minyak bumi yang cukup melimpah, propinsi Kalimantan Timur juga mempunyai kandungan gas alam yang cukup besar. Propinsi yang terletak di bagian timur pulau kalimantan ini juga memiliki kilang minyak dan unit pengolahan gas alam.

Propinsi Riau

Urutan pertama sebagai propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia ditempati oleh propinsi Riau. Propinsi Riau bahkan memasok sepertiga dari total produksi harian minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 blok minyak di propinsi ini, yaitu Siak blok, Rokan, Mountain Front Kuantan, Selat Panjang, Malacca Strait dan Coastal Plains & pekanbaru. Dari seluruh blok minyak tersebut, blok Rokan merupakan blok terbesar karena memiliki giant field (ladang minyak yang memiliki ukuran besar).

Total produksi minyak bumi dari propinsi Riau mencapai 365.827 barel perhari yang terdiri dari 359.777 barel minyak mentah dan 6.050 barel kondensat. Salah satu kelebihan dari minyak mentah yang di hasilkan dari propinsi Riau yaitu memiliki viskositas yang sangat baik untuk ukuran hidrokarbon sehingga dikategorikan sebagai minyak mentah terbaik yang dimiliki Indonesia. Selain minyak bumi, propinsi Riau juga mempunyai cadangan gas bumi yang cuku besar.

Baca Juga: Daftar Ladang Minyak Terbesar di Dunia Saat Ini

Di bawah ini adalah video mengenai 7 propinsi penghasil minyak di Indonesia seperti yang telah di atas.


Demikianlah Info kali ini mengenai 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Perlu diketahui bahwa, selain propinsi yang telah disebutkan di atas, masih terdapat propinsi lain yang mempunyai sumur minyak dengan jumlah produksi yang berbeda-beda, dan tentunya juga berperan untuk memenuhi tingginya kebutuhan akan hasil olahan minyak bumi di negeri kita ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, Terima kasih.

1 Response to "7 Propinsi Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia"

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Explore Indonesia

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.