Manfaat Energi Sinar Matahari

Manfaat energi sinar matahari- Semua makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia memerlukan energi untuk pertumbuhan kehidupannya, melakukan kegiatan-kegiatan dan sejenisnya. Sumber energi utama bagi utama semua makhluk hidup di bumi adalah matahari, tanpa adanya matahari maka tidak akan ada kehidupan di muka bumi ini. Matahari terus memancarkan sinarnya ke permukaan bumi yang pada dasarnya sinar tersebut mengalami proses penerimaan dan pemantulan, karena itu dapat diketahui bahwa sinar matahari merupakan arus energi yang dipancarkan bagi kehidupan.

Sinar matahari digunakan sebagai pembangkit listrik

Manfaat Sinar Matahari Bagi Makhluk Hidup

Dengan bantuan sinar matahari, karbon dioksida (CO2) akan diserap oleh tanaman untuk pertumbuhannya, proses ini disebut dengan fotosintesis, selanjutnya tanaman ini akan dimakan oleh hewan dan kemudian hewan tersebut akan dimakan oleh manusia atau hewan lainnya, begitupun dengan tumbuhan. Selain itu matahari juga merupakan sumber energi dalam proses-proses alami yang terjadi di lingkungan hidup, seperti berikut:
  1. Sinar matahari membuat suhu bumi sesuai untuk kehidupan di dalamnya.
  2. Sinar matahari menyebabkan angin, perbedaan panas di permukaan bumi, mempengaruhi suhu dan tekanan udara di atmosfer sehingga terjadi aliran udara dan angin.
  3. Sinar matahari menyebabkan terjadinya siklus air, sinar metahari merupakan sumber energi bagi siklus air, karena matahari menyebabkan penguapan air yang terdapat di danau, sungai dan laut. Air akan menguap menjadi awan, awan tersebut terbawa oleh angin dan kemudian akan jatuh lagi sebagai hujan, begitu seterusnya proses terjadinya siklus air.
  4. Sinar matahari meyediakan beberapa sumber energi lain, seperti minyak bumi, batu bara, tenaga air.
Semua fenomena diatas menggambarkan bahwa matahari sebagai sumber energi utama ekosistem di bumi. Ekosistem merupakan suatu kesatuan yang melibatkan makhluk hidup dan lingkungan fisik (tanah, air, udara dan lain-lain) yang saling berhubungan satu sama lain. Dalam ekosistem terjadi proses pengambilan dan perpindahan energi, yaitu melalui peristiwa makan dan dimakan, proses ini disebut dengan rantai makanan. Matahari memancarkan sinar selama miliaran tahun ke bumi dan hal ini akan berlangsung terus menerus. Sinar matahari terdiri dari cahaya yang kasatmata yang tediri dari sinar infrared (infra merah) dan sinar ultraviolet (ultra ungu). Bagian terbesar dari sinar matahari yang sampai kebumi terdiri dari cahaya yang kasatmata.

Satu per enam sinar matahari yang dipancarkan ke bumi tidak semuanya mencapai bumi, sepertiga dari sinar tersebut akan dipantulkan kembali ke angkasa misalnya oleh awan. satu per enam sinar matahari yang dipancarkan ke bumi diserap oleh gas-gas di udara dan dipantulkan dalam bentuk panas (sinar infra merah), kemudian kurang dari setengahnya dipancarkan langsung ke permukaan bumi, dan diserap serta dipantulkan dalam bentuk panas (sinar infra merah).

Sebagian kecil sinar matahari tidak dipantulkan langsung tetapi disimpan dalam tumbuh-tumbuhan melalui proses fotosintesis, energi ini hanya dilepaskan dan dipantulkan lagi saat terjadinya pembusukan pada tumuh-tumbuhan tersebut. Sinar matahari yang diterima dan dipantulkan dari dalam bumi memiliki jumlah yang seimbang, hal ini membuat suhu bumi sesuai untuk kehidupan. proses pemantulan ini sering disebut dengan rumah kaca.

Kebutuhan Energi Bagi Manusia

Kebutuhan dasar energi bagi manusia dapat dipenuhi oleh makanan dan sinar matahari yang berupa cahaya kasatmata dan panas.
  1. Energi berupa makanan, bila makluk hidup makan atau mendapatkan energi yang disimpan di dalam makanan . Energi yang berasal dari makanan tersebut digunakan untuk fungsi tubuh dan untuk kegiatan-kegiatan lain. Kebutuhan energi rata-rata manusia berkisar antara 8000-10.000 KJ per hari. Untuk dapat memfungsikan tubuh dengan normal, manusia harus mendapatkan energi dari makanan sesuai dengan jumlah tersebut.
  2.  Energi berupa cahaya kasat mata, Cahaya matahari yang terlihat oleh manusia membantu manusia untuk berorientasi di lingkungan sekitarnya, Selain itu sinar matahari juga digunakan untuk membentuk vitamin D di dalam tubuh.
  3. Energi berupa panas. Energi matahari membuat suhu di bumi sesuai dengan kehidupan dan membantu manusia memfungsikan tubuh.

Selain kebutuhan dasar energi tersebut, manusia juga perlu bentuk energi lain untuk kegiatan sehari-hari, misalnya energi listrik dan dan energi gerak yang diperlukan dalam menunjang kegiatan industri atau rumah tangga. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai manfaat energi sinar matahari, semoga artikel ini menambah wawasan anda, Terimakasih.

0 Response to "Manfaat Energi Sinar Matahari"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.