Defenisi Compressed Natural Gas (CNG)

Defenisi Compressed Natural Gas (CNG)- Halo sobat industri, pembahasan kita kali ini ialah compressed natural gas (CNG) bila diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti gas alam terkompresi. Jenis bahan bakar ini merupakan salah satu terobosan yang sangat efisien jika diamati dari segi ketersediaan bahan baku, karena pada umumnya bahan bakar yang sering kita gunakan saat ini merupakan hasil dari pengolahan minyak bumi yang telah mengalami penurunan dari segi sumber daya. Untuk lebih jelasnya, kita langsung saja ke topik pembahasan.

Logo Compressed Natural Gas

Pengertian CNG


CNG adalah jenis bahan bakar yang berasal dari gas alam yang terkompresi pada tekanan penyimpanan 200-240 bar dan dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti LPG, solar dan bensin. Bahan bakar ini dianggap lebih ramah lingkungan walaupun masih mengeluarkan sedikit CO2 sebagai hasil pembakarannya, tetapi jika dibandingkan dengan solar dan bensin, bahan bakar ini lebih ramah lingkungan. Selanjutnya jika ditinjau dari segi harga, bahan bakar ini lebih ekonomis (murah) bila dibandingan dengan bahan bakar lainnya. Proses pembuatan CNG dilakukan dengan cara mengkompresi metana (CH4) yang diekstrak dengan gas alam. Dalam penyimpanan dan pendistribusian CNG, dilakukan dengan menggunakan bejan silinder yg bertekanan.

Saat ini penggunaan bahan bakar CNG sudah mulai ditingkatkan, dikarenakan jenis bahan bakar ini memiliki banyak keunggulan seperti yang telah disebutkan di atas. khususnya di Indonesia bahan bakar ini sering disebut dengn BBG (bahan bakar gas) dan sudah terdapat beberapa stasiun pengisian BBG yang tersedia, mislanya saja di Jakarta dan Balikpapan, begitupun dengan produsen kendaraan, mereka telah banyak memproduksi jenis kendaraan berbahan bakar gas.

Seperti yang telah kita ketahui, CNG berasal dari fraksi gas alam dan tersusun oleh gas methana (CH4) sebagai komponen utamanya, selain gas methana terdapat berbagai jenis senyawa lain dengan jumlah yang berbeda-beda, seperti hidrogen, etilena, carbon monokida, carbon dioksida, nitrogen, oksigen dan hidrogen sulfida.

Keuntungan Menggunakan CNG


Berikut adalah keunggulan CNG apabila digunakan sebagai bahan bakar:
  1. Proses pencampuran udara dengan CNG relatif lebih cepat terjadi karena kedua liquid tersebut berbentuk gas.
  2. Tidak akan menimbulkan kerak pada mesin khususnya pada ruang pembakaran.
  3. Polusiyang dihasilkan lebih rendah.
  4. Kendaraan yang menggunakan bahan bakar CNG, proses perawatannya relatif lebih mudah karena jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak.
  5. CNG menggunakan sytem sealing yang baik, dalam hal mencegah kebocoran sehingga penyimpnannya lebih efisien karena kemungkinan losses sangat kecil.
  6. Memperpanjang umur pelumas kendaraan (oli), karena CNG tidak akan mengkontaminasi oli mesin.
Setelah kita mengetahui beberapa keunggulan bahan bakar CNG alangkah baiknya jika jenis bahan bakar ini perlu ditingkatkan lagi produksinya serta untuk sektor industri kendaraan diharapkan agar memproduksi jenis-jenis mesin yang berbahan bakar CNG. Demikianlah sedikit pembahasan kita mengenai defenisi compressed natural gas (CNG), semoga bermanfaat, Terimakasih.

2 Responses to "Defenisi Compressed Natural Gas (CNG)"

  1. menarik sekali, ternyata ada yang namanya gas alam yang dikompresi (di bawah tekanan), eh, kalau manusia di bawah tekanan mesti stress ya mas.. (becanda)

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.