Berbagai Macam Jenis Furnace

Berbagai macam jenis furnace- Hallo sobat, pada postingan kali ini kita akan membahas tipe furnace yang sering digunakan dalam berbagai bidang industri, tidak terkecuali industri migas. Artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian furnace, kali ini kita akan mencoba membahas tipe-tipe furnace baik itu berdasarkan bentuk serta proses pembakaran di dalamnya. oke, kita  langsung saja ke topik pembahasan.

Fungsi Furnace


Seperti yang telah kita ketahui, Furnace adalah alat yang digunakan yang digunakan untuk menaikkan temperatur fluida dengan menggunakan panas dari hasil pembakaran dari bahan bakar. Bahan bakar yang digunakan ialah bahan bakar cair dan bahan bakar gas yang menyala di dalam burner. Proses pemanasan dilakukan dengan mengalirkan fluida kedalam tube yang tersusun sedemikian rupa di dalam furnace, perpindahan panas terjadi dengan tiga cara yaitu konveksi, konduksi dan radiasi.

Tipe-Tipe Furnace


Furnace terdiri dari beberapa tipe, yaitu:
  1. Type Silinder Vertikal
    Bentuk dari furnace ini ialah berupa silinder tegak dari steel, tube yang menerima panas secara radiasi disusun sedemikian rupa secara vertical dan setiap sambungan pipa digunakan U bend. Tempat pembakaran bahan bakar terletak pada bagian bawah sehingga nyala api sejajar dengan susunan tube yang dipasang di dalam dapur. Furnace jenis ini dapat dirancang tanpa adanya area konveksi, sesuai dengan kebutuhan pemanasan. Apabila dirancang denagan area konveksi maka tube yang dapat digunakan ialah bare tube dan finned tube tetapi pada umumnya digunakan bare tube untuk mempercepat perpindahan panas secara konveksi.
  2. Type Box
    furnace ini memiliki bentuk box atau kotak atau sering juga disebut tipe kabin, area pemanasan secara radiasi dan konveksi dipisahkan oleh dinding. Umunya tipe ini digunakan pada pemanasan destilasi minyak bumi dan destilasi vacum. Tube pada area radiasi tersusun horizontal sepanjang sisi vertical wall, burner dipasang pada sisi furnace. Pemanas jenisi ini terdiri dari ruang pembakaran dan ruang konveksi yang dipisahkan oleh dinding penyekat yang disebut dengan bridge wall. Tube yang digunakan pada furnace ini ialah tube yang terbuat dari material high chorme content alloy dengan 25% cr  yang tahan terhadap temperatur yang tinggi tetapi harga dari jenis furnace ini memiliki harga yang cukup tinggi.
  3. Visbreaker Charge Furnace
    Furnace jenis ini juga berbentuk box, tetapi posisi burnernya terletak pada lantai heater dan biasanya menggunakan single pass (aliran) serta ada juga yang menggunakan multi pass. Area radiasi terdiri dari hip section dan wall tube section dan biasanya type ini tidak dilengkapi dengan area konveksi. Karena area burner terletak dibawah lantai furnace sehingga lantai furnace didesain setinggi 6 feet dari lantai dasar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta proses pengontrolan yang mudah maka furnace tipe ini dilengkapi dengan stack damper, snuffing steam, draft gauge, indikator temperatur dan thermocouple. Pengoperasian visbreakre biasanya dilakukan untuk pemanasan dengan temperatur tinggi seperti pemanasan minyak fraksi berat minyak bumi dengan temperatur operasi sekitar 930°F.
  4. Type High Pressure Box
    Jenis ini biasanya digunakan pada pengolahan lanjutan fraksi minyak bumi seperti Reforming dang Hirdocracking unit. Furnace ini beroperasi pada tekanan dan temperatur yang tinggi yaitu 2200 psig dan temperatur 700°F. Tube dipasang secara bergantung dari atap furnace secara vertical ke lantai. Area burner terletak pada dasar lantai furnace. Pembakaran terletak pada dua tempat yaitu pembakaran yang besar berada pada bagian tengah, sedangkan pembkaran yang kecil berada di area pinggir. Untuk mencegah terjadi kehilangan panas maka digunakan isolasi berjenis high duty fire brick.
Demikianlah pembahasan tentang berbagai macam jenis furnace, silahkan anda baca juga fungsi furnace pada unit pengolahan, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Marilah kita belajar bersama-sama, Terimakasih.

0 Response to "Berbagai Macam Jenis Furnace"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.