Kolom Stripper Pada Proses Pengolaham Minyak Bumi

Kolom stripper pada proses pengolahan minyak bumi- kali ini kita akan membahas salah satu peralatan pada kilang minyak yaitu kolom stripper. kolom ini pada dasarnya mirip dengan kolom distilasi, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil serta prosesnya tidak serumit kolom distilasi. Oke sobat, kita langasung saja ke topik pembahasan. Inti dari pembahasan kita kali ini ialah pengertian stripper serta fungsinya.

Pengertian Stripper

Kolom stripper adalah suatu alat yang berbentuk kolom yang berfungsi intuk memisahkan fraksi minyak bumi yang terdiri dari dua atau lebih jenis fraksi. Proses pemisahan dilakukan dengan prinsip perbedaan titik didih antara jenis fraksi yang berada dalam satu campuran yang di sebut dengan stripping. Sebenarnya kolom stripper memiliki fungsi yang mirip dengan kolom destilasi, tetapi stripper hanya melakukan proses pemisahan fraksi tertentu sedangkan kolom destilasi melakukan proses pemisahan hampir keseluruhan dari fraksi yang tergandung dalam minyak bumi.

Kolom Stripper Pada Proses Pengolaham Minyak Bumi- images
Posisi Stripper

Proses Pemisahan Fraksi

Dalam kolom stripper terdapat stage yang terdiri dari tray yang berfungsi sebagai tempat terjadinya kontak antara fase uap dan fase cair yang diikuti oleh proses pemindahan panas. Setelah kedua fraksi telah mengalami kontak, maka fase yang memiliki titik didih rendah akan naik ke atas dan akan dimasukkan kembali ke kolom destilasi. Sumber panas yang digunakan pada kolom stripper ialah steam yang diinjeksikan ke dalam kolom.

Komponen Utama Stripper

Untuk menentukan suatu produk yang telah ditentukan dan mendapatkan hasil yang maksimal, maka di dalam kolom stripper dilengkapi dengan beberapa bagian, yaitu:
  1. Tray
    Bagian ini berfungsi sebagai alat pengontak antar fraksi ringan dan berat, sehingga terjadi proses pemisahan. Tray terdiri dari beberapa macam yaitu bubble cup, sive plate, valve plate dan flexi plate. Setiap jenis-jenis plate memiliki kelebihan serta kekutangan tertentu, tetapi tray yang paling banyak digunakan ialah bubble cup.
  2. Weir
    Meupakan salah satu alat yang berupa potongan plate yang berfungsi untuk mempertahankan tinggi permukaan di bawah down comer, agar ujung bawah down comer cukup hanya tercelup kedalam cairan, sehingga bertindak sebagai seal atau perapat untuk uap yang akan naik ke atas.
  3. Down Comer
    Alat ini berfungsi untuk mengalirkan cairan dari atas yang menuju ke plate yang adah dibawahnya. Down comer terdiri dati dua macam yaitu down comer yang berbentuk pipa serta dawn comer yang berbentuk saluran pencurah. Untuk mencegah mengalirnya uap hidrokarbon keatas melalui sungkup down comer maka down comer harus memiliki seal yang cukup atau ujung down comer cukup tercelup kedalam cairan yang berada pada plat dibawahnya.
  4. Tab
    Merupakan kaki dari cap yang berfungsi untuk menahan valve tray agar tidak terlepas dari plate.
  5. Support Ring
    Berfungsi sebagai tempat dudukan plate.

Jenis-Jenis Stripper

Stripper terdiri dari dua macam. yaitu:
  1. Stripper Dengan Injeksi Steam
    Injeksi steam dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan tekanan persial di atas permukaan cair, sehingga fraksi yang lebih ringan yang terikut kedalam kolom stripper akan mengalami penguapan dan dimasukkan kembali kedalam kolom destilasi.
  2. Stripper Dengan Reboiler
    Pemanas ini dilakukan pada stripper fraksi diesel dengan tujuan agar terjadi penguapan, karena uap dari dalam reboiler memiliki SG (Specific gravity) yang lebih rendah jika dibandingkan dengan cairan yang berada di dasar kolom stripper, Sehingga uap yang dimasukkan ke dalam dasar kolom akan membuat cairan mendorong uap (fraksi ringan) ke atas dan dimasukkan kembali ke dalam kolom destilasi.

Penggunaan Stripper Pada Unit Pengolahan

Setelah kita mengetahui fungsi stripper pada unit pengolahan minyak, kali ini kita akan membahas pengapliasiannya. Pada dasarnya, stripper digunakan untuk mengeluarkan fraksi ringan yang terikut ke dalam larutan fraksi yang telah ditentukan dengan tujuan menghasilkan fraksi yang lebih baik. Misalnya pada proses destilasi, fraksi kerosen yang ditampung pada stage tertentu terdapat kandungan naphta  (fraksi yang lebih ringan) di dalamnya, sehingga untuk mengeluarkan fraksi ringan tersebut maka akan dilakukan proses stripping dengan tujuan mengeluarkan fraksi naphta tersebut, fraksi ringan yang telah menguap, selanjutnya akan dimasukkan kembali kedalam kolom destilasi. 

Demikianlah pembahasan kita tentang kolom stripper pada proses pengolahan minyak bumi, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan marilah kita belajar bersama-sama, Terimakasih.

0 Response to "Kolom Stripper Pada Proses Pengolaham Minyak Bumi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan konten blog, jangan meninggalkan link aktif karena akan kami anggap sebagai spam.